Back to Previous

Apakah Kulit Sensitif Bisa menggunakan Serum Wajah? Ini Fakta dan Tipsnya

2 October 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Tidak perlu khawatir, temukan jawaban apakah kulit sensitif bisa menggunakan serum wajah disini. Cek juga manfaat & alasan kenapa kulit bruntusan setelah memakai serum.

Memiliki kulit sensitif membuat kamu harus berhati-hati dalam memilih skincare, salah satunya adalah serum. Bagi beberapa orang, serum bisa menjadi penyebab bruntusan muncul di wajah namun hal ini terjadi karena sebuah alasan tentunya. Lalu muncul pertanyaan, apakah kulit sensitif bisa menggunakan serum? Dan mengapa ada orang yang memakai serum malah bruntusan? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab pada artikel kali ini. Kamu juga akan mendapatkan rekomendasi tips memilih serum skin barrier untuk kulit sensitif agar kulit lebih sehat. Yuk langsung saja cek artikel berikut ini!

Apakah kulit sensitif bisa menggunakan serum?

Jawabannya adalah bisa. Serum adalah skincare yang fungsi utamanya adalah untuk melembabkan kulit. Tetapi selain itu, serum juga bisa membantu mengurangi permasalahan kulit yang terjadi di wajah kamu. Namun untuk kulit sensitif, pemilihan serum ini juga perlu diperhatikan dari berbagai hal, misalnya dari kandungan serum itu sendiri, manfaat yang ditawarkan atau bahkan dari tekstur serum itu sendiri. Hal-hal tersebut perlu kamu pertimbangkan karena jika kulit kamu sensitif, maka tidak jarang akan timbul reaksi jika tidak cocok dengan kandungan serum untuk kulit biasa. Tetap cermat dalam memilih serum untuk kulit sensitif, ya.

Kenapa setelah memakai serum malah bruntusan?

Ada beberapa orang yang setelah menggunakan serum, wajah mereka justru muncul bruntusan. Kondisi ini bisa dikarenakan oleh berbagai hal, bisa jadi pertanda baik maupun sebaliknya. Beberapa alasan berikut bisa kamu kenali terlebih dahulu.

Purging

Melansir dari situs healthline, purging adalah reaksi kulit terhadap kandungan yang ada di dalam skincare berupa pergantian sel kulit dan pengeluaran kotoran serta minyak. Kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan berganti menjadi kulit yang lebih sehat. Proses purging bisa ditandai dengan munculnya jerawat hingga komedo. Tanda-tanda tersebut bisa beragam di setiap orang, ada yang jerawat bernanah, bruntusan, benjolan merah atau jerawat kecil. Ciri-ciri bahwa jerawat dan bruntusan yang muncul adalah bagian dari purging bisa kamu kenali dari berapa lama munculnya jerawat tersebut, karena umumnya efek purging akan matang atau kempes dalam waktu yang lebih cepat dari jerawat biasa. 

Iritasi 

Faktor kedua kenapa muncul bruntusan setelah memakai serum adalah kulit wajahmu tidak cocok dengan produk tersebut. Iritasi yang timbul dikarenakan adanya kandungan serum yang membuat kulit kamu terasa panas, gatal, perih dan memerah. Ciri-ciri iritasi ini bisa dilihat ketika muncul bruntusan atau jerawat hampir di seluruh bagian atau di bagian yang sebelumnya tidak pernah berjerawat. Jika kamu merasa kulit kamu terasa kering dan panas setelah mengaplikasikan serum, cobalah untuk menganalisis kandungan yang ada di dalamnya dan mengevaluasi apakah serum tersebut cocok denganmu atau tidak.

Jerawat karena faktor hormon

Wanita seringkali muncul jerawat di masa-masa ketika akan menstruasi maupun setelah menstruasi. Jerawat tersebut muncul dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Sehingga, jika muncul bruntusan setelah menggunakan serum disaat masa mendekati dan setelah menstruasi bisa jadi bukan dikarenakan penggunaan serum kamu, ya. 

Berapa lama melihat efek serum di kulit sensitif

Melansir dari beberapa sumber penelitian, efek serum pada kulit umumnya bisa terlihat pada minggu ke 4 dan perubahan signifikan ke 12 setelah pemakaian secara rutin dan tepat. Sejak sebulan pemakaian tersebut, kulit kamu akan melakukan regenerasi dan masalah permukaan kamu mulai membaik. Selain itu, kulit kamu akan berangsur lebih sehat terutama ketika kamu memilih serum skin barrier. Namun memang ada juga produk yang bisa memperbaiki kulit wajah kamu dalam waktu yang lebih singkat, ya. 

Manfaat serum skin barrier untuk kulit sensitif

Sebelum permasalahan kulit kamu dapat mereda, hal utama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki skin barrier kamu. Produk lokal serum skin barrier bisa kamu pilih sebagai salah satu skincare rutin yang menyehatkan skin barrier. Lalu, apa saja manfaat serum skin barrier untuk kulit sensitif? 

  • Menghidrasi kulit
  • Memperbaiki kerusakan pada skin barrier
  • Melembutkan kulit wajah
  • Mengurangi tingkat sensitif kulit
  • Mengurangi kulit bersisik dan kasar
  • Meredakan kemerahan dan alergi di wajah
  • Memberi sensasi refreshing pada kulit

Manfaat-manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan menggunakan serum skin barrier untuk kulit sensitif yang tepat, ya. Seperti LABORÉ Barrier Repair Serum yang diformulasikan khusus untuk semua jenis kulit wanita di Indonesia, khususnya untuk kulit sensitif. Serum tersebut bisa memperbaiki skin barrier dan tekstur kulit wajah kamu dalam 2 minggu pemakaian, lho. Tenang, kandungan yang ada di dalamnya aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga semua orang bisa menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Suggested Articles