Back to Previous

Ciri-ciri Tidak Cocok Sunscreen dan Cara Mengetahuinya

5 March 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Sunscreen tentu jadi salah satu rangkaian skincare wajib dan tidak boleh dilewatkan. Tapi beberapa orang masih merasakan dimana sunscreen yang digunakan justru membuat kulit timbul jerawat, terasa gatal, bahkan hingga membuat kulit terlihat kusam. Bisa jadi itulah ciri tidak cocok sunscreen yang mulai muncul dan perlu kamu waspadai. Nah, untuk menghindari dan mengenali apa saja ciri-cirinya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Bagaimana Cara Mengetahui Sunscreen Cocok atau Tidak?

Sunscreen yang kurang cocok untuk digunakan di wajah seringkali menimbulkan beragam gejala yang membuat kulit wajah kurang nyaman. Pemakaian sunscreen yang diharapkan menjadi lapisan pelindung pada wajah dari dampak buruk sinar UV malah menjadi perusak lapisan kulit dan membuat wajah menjadi breakout. Pahami gejala tidak cocok sunscreen berikut ini, sebab mencegah lebih baik daripada memperbaiki!

1. Kulit Jadi Terlalu Berminyak

Pemakaian sunscreen yang tidak cocok dengan kulit wajah cenderung membuat wajah menjadi lebih berminyak. Keadaan ini disebabkan oleh dampak sunscreen yang merusak lapisan pelindung wajah, sehingga kulit memproduksi minyak lebih banyak untuk memperbaiki keadaan dan menjaga kelembaban kulit. 

2. Muncul Jerawat

Produksi minyak yang berlebih umumnya menimbulkan lebih banyak jerawat. Kotoran yang menempel pada lapisan minyak wajah dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat bermunculan. Tidak hanya itu, munculnya jerawat juga bisa jadi salah satu dampak dari kandungan zat kimia komedogenik yang ada pada sunscreen. Kandungan ini dapat menyumbat pori - pori.

3. Tidak Nyaman Saat Dipakai Dibawah Make Up

Sunscreen yang tidak cocok digunakan pada wajah juga cenderung lama terserap pada kulit wajah. Formulasi kandungan yang kurang cocok pada wajah membuat sunscreen membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering. Kondisi ini bisa membuat pemakaian sunscreen tidak nyaman saat menggunakan make up, sebab sunscreen yang tidak terserap akan membuat riasan menjadi mudah luntur dan atau bergeser.

4. Kulit Terasa Gatal, Merah, dan Iritasi

Reaksi ini biasanya disebabkan oleh kandungan zat kimia yang kompleks pada sunscreen. Kandungan kimia yang kompleks dapat membuat kulit menjadi gatal, merah, dan iritasi, terutama pada kulit yang sensitif. Umumnya, kulit sensitif cenderung merasakan dampak ini saat menggunakan sunscreen yang memiliki bahan wewangian.

Jika kulit kamu kemerahan, mengelupas, terasa gatal bahkan perih. Ini adalah sinyal keras bahwa kamu harus berhenti menggunakan sunscreen tersebut. Apabila diteruskan, lapisan pelindung kulit dapat terkikis dan rusak.

5. Sensasi Kulit Terbakar dan Reaksi Alergi pada Kulit

Gejala lain yang mungkin dirasakan saat tidak cocok menggunakan sunscreen adalah sensasi kulit terbakar dan alergi pada kulit. Reaksi kulit terbakar dan alergi pada kulit bisa jadi salah satu sinyal ketidakcocokan dengan zat kimia yang terkandung pada sunscreen. 

Cara Mengenali Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Menggunakan sunscreen yang tepat dapat menjaga kulit wajah tetap aman tanpa efek samping yang mengganggu. Tapi, apakah sunscreen kamu benar-benar efektif? 

Pastikan sunscreen yang kamu gunakan tidak hanya mengklaim, tapi juga bekerja dengan baik melindungi kulit dari risiko belang. Jika kulitmu masih merah atau menggelap setelah menggunakan sunscreen, bisa jadi kamu salah cara menggunakannya atau mungkin saatnya untuk mencari produk yang lebih cocok untukmu.

Cara Menggunakan Sunscreen yang Tepat

Penggunaan sunscreen yang kurang tepat bisa membuat kulitmu tidak terlindungi dengan baik. Untuk itu, Kamu perlu memperhatikan beberapa poin berikut agar manfaat sunscreen tidak sia - sia, ya!

1. Gunakan Sunscreen Sebanyak 2 Ruas Jari

Mengaplikasikan sunscreen hanya dalam jumlah kurang dari 2 ruas jari dengan alasan untuk menghemat adalah sebuah kesalahan yang serius. Menggunakan sunscreen dengan takaran yang sedikit dapat mengurangi efektivitas perlindungan terhadap kulit dari sinar matahari.

2. Biarkan Meresap Sempurna ke Kulit

Saat menggunakan sunscreen, pastikan sunscreen yang kamu gunakan sudah meresap sempurna dalam kulit, ya. Biasanya, sunscreen membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat menyerap secara maksimal. Memastikan sunscreen terserap dengan sempurna dapat membuat kulit lebih terproteksi dari bahaya sinar UV.

3. Jangan Lupa untuk Reapply setiap Tiga Jam

Sifat perlindungan dari sunscreen dapat berkurang seiring waktu. Paparan sinar matahari, aktivitas fisik, dan keringat dapat mengurangi efektivitas sunscreen. Dengan reapply sunscreen setiap 3 jam, kamu bisa memastikan bahwa kulit tetap terlindungi secara optimal sepanjang hari dan mengurangi risiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

4. Pilihlah Sunscreen dengan SPF Tinggi untuk Perlindungan Maksimal

Sunscreen dengan SPF yang tinggi bisa memberikan perlindungan ekstra dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Dengan SPF yang tinggi, kamu bisa berada di bawah terik matahari tanpa risiko yang berlebihan. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang dan menjaga kesehatan kulit secara optimal.

Jika Sunscreen Tidak Cocok Bisa Digunakan untuk Apa?

Jika sudah membeli sunscreen namun ternyata tidak cocok dengan kulit wajahmu, tidak perlu langsung membuangnya. Sebaliknya, kamu masih bisa memanfaatkannya dengan mengaplikasikannya ke bagian tubuh lain. Dengan cara ini, kamu tetap bisa memanfaatkan produk tersebut tanpa perlu merasa membuang-buang uang.

Sunscreen yang tidak sesuai untuk wajah bisa tetap digunakan untuk melindungi bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki yang terpapar sinar matahari. Dengan perlindungan ekstra dari sinar UV, sunscreen dapat membantu menghindari masalah belang pada kulit. 

Memilih sunscreen yang cocok untuk kulit tentu sangat penting. Terlebih jika kulit kamu adalah kulit sensitif. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif di negara tropis dan diformulasikan langsung oleh dermatologist dari LABORÉ. Terbuat dari 100% kandungan yang aman untuk kulit sensitif dan bisa menjaga skin barrier kulit kamu. Tertarik mencoba? 

Klik link produk : LABORÉ BiomeProtect™ Physical Sunscreen

Suggested Articles