Back to Previous

Laboré Microbiome Technology

19 October 2021 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Pernah dengar istilah ‘microbiome’? Atau pernah menggunakan kosmetik dengan konsep microbiome? Saat ini, mulai berkembang kosmetik dengan konsep tersebut, yang diklaim memiliki fungsi yang luar biasa bagi kulit. Tapi, apa sih kosmetik microbiome itu?

Pernah dengar istilah ‘microbiome’? Atau pernah menggunakan kosmetik dengan konsep microbiome? Saat ini, mulai berkembang kosmetik dengan konsep tersebut, yang diklaim memiliki fungsi yang luar biasa bagi kulit. Tapi, apa sih kosmetik microbiome itu?

Microbiome (micro = kecil, bios = kehidupan), merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kumpulan mikroorganisme yang secara alami hidup di tubuh manusia. Setidaknya, terdapat 1 hingga 10 sel mikroorganisme di tubuh kita untuk setiap sel tubuh. Sekitar 1% di antaranya bersifat patogenik, dan 99% sisanya hidup bersimbiosis mutualisme dengan kita, atau sekedar menumpang tanpa dampak positif maupun negatif bagi tubuh kita. Pada microbiome yang sehat, mikroorganisme kulit berinteraksi dengan kulit kita untuk menghasilkan dan menjaga lingkungan hidup yang sehat bagi mereka, lalu menghasilkan produk metabolisme yang menjaga kondisi kulit tetap sehat. Kosmetik microbiome merupakan kosmetik yang berfungsi membentuk microbiome yang sehat.

Konsep microbiome yang digunakan dapat berupa probiotic (mikroorganisme hidup dengan efek positif), prebiotic (nutrisi bagi mikroorganisme), postbiotic (produk metabolisme mikroorganisme), atau paraprobiotic (probiotic yang diinaktivasi). Laboré hadir dengan tiga unsur yaitu paraprobiotic, prebiotic, dan postbiotic.

Laboré menggunakan Bifida Ferment Lysate sebagai paraprobiotic yang membantu proses perbaikan kulit secara alami dan melindunginya dari kerusakan, terutama akibat photoaging (penuaan kulit secara prematur akibat paparan sinar UV). Bifida Ferment Lysate dalam produk Laboré bekerja melalui 3 mekanisme, yaitu:

1. Anti-Immunosuppression

Radiasi UV dapat merusak DNA dan mengganggu keseimbangan IL-10/IL-12. IL-10 dan IL-12 merupakan protein yang berperan dalam imunitas manusia. Radiasi UV dapat menyebabkan meningkatnya jumlah IL-10 dan mengurangi jumlah IL-12. Hal ini menyebabkan imunosupresi pada sel kulit, sehingga kulit rentan terhadap kerusakan. Bifida Ferment Lysate membantu meningkatkan ekspresi IL-12 dan menekan ekspresi IL-10, mengembalikan keseimbangannya dan membantu menguatkan imunitas sel kulit.

2. Mencegah double strand break

DNA terdiri dari dua untaian (double strand) yang membentuk struktur double helix. Kulit yang teradiasi UV dapat menyebabkan kerusakan untaian tersebut, baik berupa single strand break atau double strand break. Single strand break dapat dengan mudah diperbaiki melalui mekanisme alami tubuh, namun double strand break menyebabkan putusnya rantai DNA dan lebih sulit untuk diperbaiki. Bifida Ferment Lysate membantu mencegah terjadinya double strand break dan menjaga struktur DNA dari kerusakan.

3. Meningkatkan aktivitas perbaikan DNA

Radiasi UV menyebabkan terbentuknya residu thymine dimer, yang menyebabkan pelepasan dan hidrolisis fragmen DNA. Bifida Ferment Lysate membantu dalam meningkatkan aktivitas perbaikan fragmen DNA akibat terbentuknya residu ini, sehingga mempercepat proses perbaikan DNA.

Dari segi prebiotic, kandungan Prebiotic Moisture Active™ berupa Saccharide Isomerate membantu meningkatkan kelembapan kulit, menyeimbangkan microbiome kulit, dan mengurangi sensitivitas. Sedangkan dari segi postbiotic, Hyaluronic Acid merupakan komponen kunci untuk menjaga kelembapan kulit dengan sifat uniknya yang mampu menjaga kandungan air, sehingga memperkuat skin barrier, sementara Biosaccharide Gum-1 bekerja sebagai emollient yang melindungi kulit dari stress eksternal yang dapat merusak skin barrier dan mempercepat penuaan kulit.

Laboré Microbiome Technology™ menyinergikan teknologi microbiome melalui GentleBiome™ (Bifida Ferment Lysate dan Hyaluronic Acid) yang memperkuat skin barrier, BiomeProtect™ (Bifida Ferment Lysate dan aktif anti-bluelight & anti-pollution) melindungi kulit dari pemicu kulit sensitif, dan BiomeRepair™ (Bifida Ferment Lysate dan Revive Complex Formula) memperbaiki rasa tidak nyaman pada kulit sensitif.

Laboré Sensitive Skin Expert telah hadir di Halodoc, konsultasikan masalah kulit mu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di platform Halodoc dan dapatkan diskon spesial untuk pembelian Laboré Sensitive Skin Expert.

Suggested Articles