Back to Previous

Wajib Tahu, Ini 5 Urutan Skincare Kulit Sensitif yang Benar!

24 March 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Sering bingung menentukan urutan skincare untuk kulit sensitif? Agar tidak salah, cari tahu 5 urutan skincare untuk kulit sensitif yang benar di sini!

Pemilik kulit sensitif rentan sekali mengalami iritasi, kemerahan ataupun gatal dalam penggunaan skincare sehari-hari. Hal itu tentunya membuat kita putus asa dan lelah. Belum lagi pemakaian skincare harus berurutan dan benar agar bekerja secara maksimal. Nah, kamu masih sering bingung menentukan urutan skincare untuk kulit sensitif? Agar tidak salah, cari tahu 5 urutan skincare untuk kulit sensitif yang benar di sini!

1. Gunakan Facial Wash yang Lembut

Skincare utama yang paling dibutuhkan untuk membersihkan wajah kita ialah facial wash. Facial wash selain untuk membersihkan berguna juga untuk menjaga kelembaban serta menghidrasi kulit. Oleh sebab itu, facial wash cocok untuk kulit sensitif dan kulit kering. Namun, facial wash juga cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat dengan kandungan atau formula yang lembut dan non-irritant. 

Untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, facial foam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah dengan fungsi khusus mengangkat sebum dan minyak berlebih pada wajah. Walaupun keduanya berbeda, namun hal yang perlu digaris bawahi adalah kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa kulit kamu cocok dengan pembersih wajah tersebut ya!

2. Pakai Toner yang Bebas Alkohol

https://elements.envato.com/woman-applying-face-toner-HDJVB3H

Kandungan alkohol dalam skincare memiliki berbagai manfaat salah satunya ialah memudahkan skincare menyerap ke dalam kulit. Namun, untuk pemilik kulit sensitif atau kering, skincare dengan kandungan alkohol tersebut akan membuat kulit semakin kering serta berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan kulit lain seperti alergi maupun kemerahan. Begitupun dengan pemilik kulit berjerawat, dianjurkan untuk tidak menggunakan skincare dengan kandungan alkohol, karna alkohol bersifat irritant

Toner dengan bebas alkohol membantu mengangkat sisa make up atau kotoran di wajah namun tetap memberikan efek menyegarkan. Toner bebas alkohol biasanya dirancang khusus untuk menghidrasi kulit serta meredakan kemerahan yang terjadi pada kulit sensitif. 

3. Gunakan Serum Sesuai Kebutuhan

https://www.freepik.com/free-photo/close-beauty-portrait-topless-woman-with-perfect-skin-natural-makeup-holds-serum-youth-skin-hydration-dropper-with-cosmetic-oilx9_23482888.htm#query=serum%20face&position=8&from_view=search

Setelah menggunakan toner, tentunya step selanjutnya ialah menggunakan serum. Nah dalam penggunaan serum, tetap harus hati-hati ya! Karena tidak semua serum dibuat dengan formula khusus untuk kulit sensitif. Biasanya tiap serum memiliki kegunaannya sendiri, misal untuk mengurangi kemerahan, mengurangi bruntusan bahkan untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah. Dalam penggunaan serum dianjurkan untuk menggunakan nya sesuai kebutuhan kulit kamu. Jika kamu belum membutuhkan serum dalam rangkaian skincare kamu, kamu bisa kok lewati bagian ini! 

4. Jangan Lupa untuk Menggunakan Moisturizer

https://www.freepik.com/free-photo/skin-care_5401678.htm#query=moisture%20face&position=2&from_view=search

Rangkaian selanjutnya ialah menggunakan moisturizer atau pelembab. Moisturizer merupakan bagian penting dalam rangkaian penggunaan skincare untuk kulit sensitif. Apapun jenis kulit kamu bahkan kulit kombinasi maupun berminyak sekalipun, moisturizer jangan sampai dilewatkan ya!

Penggunaan moisturizer yang teratur serta kulit wajah yang terhidrasi secara maksimal dapat memperkuat skin barrier kulit wajah kita. Skin barrier yang baik mampu menangkal segala jenis permasalahan yang muncul pada kulit. Hal ini tentunya menjadi impian kita di masa depan untuk memiliki kulit wajah yang sehat, plumpy dan juga mengkilau. 

5. Pastikan Selalu Menggunakan Sunscreen

https://www.freepik.com/premium-photo/beautiful-young-woman-hat-is-applying-sunblock-her-eyes-her-nose-like-indian-sun-protection-concept_8976259.htm#query=sunscreen%20face&position=42&from_view=search

Terakhir, kamu perlu menggunakan sunscreen setiap hari. Sunscreen memiliki efek penting untuk perlindungan kulit wajah kita dari sinar matahari. Selain mampu melindungi dari kulit kusam akibat sinar matahari, sunscreen juga dapat mengurangi hiperpigmentasi serta menangkal radikal bebas penyebab penuaan dan kerutan di wajah. Tentunya, sunscreen ini merupakan perlindungan jangka panjang untuk masa depan. Kalau kamu masih remaja, yuk gunakan selalu sunscreen setiap hari sebagai investasimu saat tua nanti!

Nah, itu dia rangkaian skincare yang wajib kamu gunakan setiap hari sebagai pemilik kulit sensitif. Gunakan sesuai urutan dan pastikan skincare yang kamu pakai cocok untuk jenis kulit kamu ya! 

 

Suggested Articles