Back to Previous

8 Kandungan yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat, Wajib Tahu!

1 December 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Kandungan yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat ini, mampu atasi masalah sensitive-acne prone skin! Simak selengkapnya di sini!

Tahukah kamu apa saja kandungan yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat? Yup, pemilik kulit sensitif dan berjerawat memang perlu lebih memperhatikan kandungan skincare yang mereka gunakan untuk mencegah iritasi.

Pasalnya, tidak semua bahan-bahan yang terkandung dalam skincare cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Nah agar skincare yang kamu gunakan tidak salah lagi dan memperparah kondisi kulit, yuk simak apa saja kandungan yang cocok dan tidak cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat dalam artikel berikut!

Kandungan yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Pertama, mari kita bahas dulu beberapa kandungan yang tidak cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Jika kondisi kulitmu termasuk sensitive-acne prone skin, sebaiknya hindarilah beberapa kandungan berikut.

1. Alkohol

Alkohol diketahui dapat memperburuk kondisi kulit karena dapat membuatnya semakin mengering sehingga secara otomatis mengakibatkan kelenjar sebaceous dalam kulit melepaskan lebih banyak minyak.

Hal ini tentu dapat menyebabkan jerawat karena sel kulit mati menumpuk di pori-pori dan membuatnya tersumbat.

Selain itu, alkohol juga dapat memperparah kondisi kemerahan dan juga mengakibatkan kulit mengelupas.

2. Minyak kelapa

Meski selama ini minyak kelapa dianggap sebagai bahan pelembab yang sangat baik dan mengandung sifat antibakteri, ternyata kandungan ini tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat, lho.

Pasalnya, minyak kelapa bersifat komedogenik sehingga dapat menyumbat pori-pori sehingga tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat.

3. Parfum

Walau dapat membuat skincare lebih wangi, sebaiknya hindarilah kandungan berikut jika kulitmu sensitif dan berjerawat.

Alasannya, apabila dioleskan ke kulit, parfum dapat mengiritasi dan memiliki efek hormonal yang buruk. Hal inilah yang dapat menyebabkan kemerahan serta peradangan pada kulit sensitif dan berjerawat.

4. Isopropyl myristate

Isopropyl myristate adalah salah satu emolien yang digunakan pada skincare untuk mendorong penyerapan produk ke dalam kulit.

Nah mengingat fungsi utamanya adalah untuk membantu produk menembus jauh ke dalam kulit, maka kandungan ini tentu dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

5. Silicones

Silicones berasal dari Silica yang diketahui dapat membentuk tekstur halus pada kulit dan biasanya digunakan untuk memberikan hasil akhir yang lembut.

Meski demikian, silicones bekerja dengan menyumbat bakteri, kotoran, hingga sebum yang menyebabkan pori-pori membesar sehingga mendorong terbentuknya komedo dan jerawat.

6. Minyak mineral

Walau minyak mineral merupakan kandungan yang baik untuk kulit kering, sebaiknya kamu jangan menggunakan bahan ini jika memiliki sensitive-acne prone skin, ya.

Pasalnya, produk yang mengandung minyak mineral justru dapat membuat kulit semakin berminyak. Nantinya, minyak berlebih ini kemudian bercampur dan tumpukan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori kulit.

Kandungan yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Nah selanjutnya, tentu kamu penasaran bukan apa saja kandungan yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat? Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Salicylic acid

Beberapa waktu terakhir, mungkin kamu menyadari bahwa banyak produk perawatan kulit yang menyertakan salicylic acid di dalamnya. Namun, tahukah kamu apa itu salicylic acid?

Jadi, salicylic acid adalah asam beta hidroksi yang merupakan exfoliant dan berguna untuk menghilangkan kulit mati. Itulah sebabnya, kandungan salicylic acid dianggap mampu membantu mencegah pori-pori tersumbat.

2. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Alpha Hydroxy Acids (AHA) mengobati jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan. Selain itu, AHA diketahui juga mampu merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga dapat memperbaiki tampilan kulit bekas jerawat.

Adapun dua tipe kandungan AHA yang biasanya ditemukan dalam produk skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat adalah glycolic acid dan lactic acid.

3. Vitamin C

Selama ini, vitamin C terkenal sebagai salah satu zat antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Oleh karenanya, vitamin C mampu membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit berjerawat.

4. Tea tree oil

Sesuai namanya, tea tree oil adalah minyak esensial yang terbuat dari daun pohon teh. Sama seperti vitamin C, tea tree oil juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba sehingga dapat menenangkan kemerahan, peradangan, dan pembengkakan akibat jerawat.

Selain itu, tea tree oil juga diketahui cukup ampuh untuk mengontrol kulit berminyak yang kerap menjadi penyebab munculnya jerawat.

Dapat dikatakan, tea tree oil ini mampu membantu mengatasi jerawat serta mengurangi dampak bekas jerawat saat proses pemulihan.

5. Adapalene

Adapalene adalah retinoid topikal yang digunakan untuk mengobati jerawat. Adapalene bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus mengurangi risiko jerawat membekas. Di samping itu, adapalene diketahui juga mampu mengatasi komedo, lho.

6. Azelaic acid

Azelaic acid merupakan senyawa alami yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Adapun cara kerja azelaic acid ini adalah dengan mencegah penumpukan keratin, yaitu sejenis protein yang dapat menyumbat pori-pori.

7. Benzoil peroxide

Benzoil peroxide termasuk salah satu obat jerawat yang banyak digunakan dan juga bisa kamu temukan secara bebas dalam bentuk gel, krim, lotion, hingga sabun.

Benzoil peroxide bekerja dengan membunuh bakteri di kulit serta membantu membuka pori-pori dengan menghilangkan sel kulit mati.

8. Sulfur

Kandungan sulfur atau belerang dalam skincare biasanya sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti benzoil peroxide atau salicylic acid. Sulfur diketahui mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain itu, sulfur juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit yang merupakan penyebab timbulnya jerawat.

Demikian penjelasan seputar kandungan yang cocok dan tidak cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Saat memilih skincare, pastikan untuk membaca ingredients-nya terlebih dahulu, ya. Dan tentunya, pilihlah produk perawatan kulit sensitif yang telah teruji secara klinis seperti LABORÉ.

LABORÉ hadir sebagai solusi bagi kulit sensitif yang telah melewati berbagai pengujian di beberapa laboratorium terpercaya untuk memastikan keamanan dan manfaat terbaik. LABORÉ dirancang khusus untukmu, dan menjawab berbagai permasalahan kulit sensitif yang selama ini kamu alami. 

Perawatan kulit sensitif dengan LABORÉ dimulai dari LABORÉ Mild Cleanser, gel pembersih dengan non foam formula yang membersihkan tanpa memberikan efek kering. Kemudian berikan hidrasi pada kulit dengan LABORÉ Hydration Toner.

Selanjutnya gunakan pelembab, LABORÉ Skin Nutrition Gel yang dirancang khusus untuk kulit berminyak atau LABORÉ Barrier Revive Cream untuk kulit kering atau sedang mengalami iritasi. Terakhir, berikan perlindungan dengan LABORÉ Physical Sunscreen yang mengandung SPF 45 PA+++ dan 100% mineral sunscreen.

  • Acne
  • Sensitive Skin

Suggested Articles