Back to Previous

9 Fungsi & Cara Menggunakan Face Mist yang Benar

19 March 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Bagaimana cara menggunakan face mist yang benar untuk semua jenis kulit dan apakah benar face mist bisa mengunci make up? Cek disini!

Face mist adalah salah satu produk skincare tambahan yang bisa kamu gunakan untuk sehari-hari. Selain memperhatikan apa manfaat face mist dari kandungan yang ada di dalamnya, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan face mist yang benar agar manfaat yang didapatkan tetap optimal. Langsung saja, simak penjelasan berikut ini!

Apakah efek samping face mist?

Ada berbagai jenis face mist yang tersedia saat ini. Setiap produk tentu akan memiliki keunggulan baik itu dari segi kandungan yang ditawarkan hingga manfaatnya. Kandungan tersebut yang nantinya akan berpengaruh pada efek samping yang dihasilkan ketika digunakan.

Selain itu, kandungan face mist akan mempengaruhi cara pemakaiannya pada tiap jenis kulit. Misalnya untuk kulit berminyak, face mist dengan kandungan Salicylic Acid menjadi pilihan yang tepat. Untuk kulit normal, face mist dari air mawar bisa menyejukkan kulit ketika panas. Sedangkan untuk kulit kering, face mist dengan kandungan hyaluronic acid bisa jadi alternatif. 

Kamu juga bisa menggunakan face mist yang telah teruji dan terbukti aman untuk semua jenis kulit. Rekomendasi face mist yang aman untuk semua tipe kulit akan kami bahas pada bagian akhir artikel.  

Fungsi Face Mist

Face mist memiliki fungsi yang cukup beragam. Fungsi face mist ini akan bergantung juga dari face mist apa yang kamu gunakan. Namun, berikut beberapa fungsi face mist secara umum yang akan kamu dapatkan : 

  1. Menyegarkan wajah 
  2. Membuat kulit wajah semakin lembap
  3. Meningkatkan antioksidan pada kulit
  4. Melindungi wajah dari bluelight
  5. Membantu kulit agar mampu meresap skincare
  6. Menenangkan kulit wajah
  7. Mendinginkan wajah yang terasa panas
  8. Meredakan kemerahan di wajah akibat panas
  9. Mempertahankan make up

Apakah face mist bisa mengunci make up?

Produk face mist memang bisa membantu untuk mengunci make up. Tetapi dalam hal durasi, kekuatan, dan hasil akhir yang didapatkan tentu tidak akan seperti setting spray. Pada keadaan tertentu kamu bisa menggunakan face mist untuk membuat make up bertahan lebih lama dan tidak mudah smudging. 

Perbedaan face mist dan setting spray

Face mist dan setting spray seringkali dianggap sama padahal keduanya memiliki perbedaan. Beda face mist dan setting spray dapat dilihat dari beberapa hal, seperti kandungan, manfaat, dan cara menggunakannya. Face mist tidak bisa menggantikan fungsi setting spray secara penuh, pun setting spray tidak bisa digunakan sebagai face mist. Kami sudah membahas perbedaan face mist dan setting spray secara lengkap pada artikel berikut : Perbedaan Face Mist dan Setting Spray, Kenali Sebelum Membeli!

Kapan face mist digunakan

Ada beberapa waktu yang tepat untuk memakai face mist, berikut di antaranya :

  1. Setelah bangun tidur
  2. Setelah menggunakan cleanser
  3. Ketika beraktivitas sehari-hari
  4. Setelah menggunakan make up / touch up 
  5. Setelah mencuci muka 

Waktu pemakaian ini juga akan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan cara menggunakan face mist yang benar. Kamu bisa melihat panduannya pada di akhir artikel.

Apakah face mist boleh digunakan setiap hari?

Faktanya, face mist aman untuk digunakan setiap hari. Bahkan ada beberapa dermatologis yang menyatakan penggunaan face mist dua kali dalam sehari masih termasuk dalam batas wajar. Tetapi kembali lagi pada kandungan apa yang ada pada face mist yang kamu gunakan. Untuk amannya, pada penggunaan awal, kamu bisa menggunakan sekali sehari guna melihat apakah ada gejala ketidak cocokan atau aman untuk melanjutkan pemakaian. 

Jika kamu mulai merasakan tanda-tanda iritasi seperti gatal, panas, atau kulit kering, cobalah untuk menghentikan penggunaan face mist tersebut. 

Cara menggunakan face mist yang benar

Ada beberapa cara menggunakan face mist yang benar untuk sehari-hari. Yuk simak penjelasan berikut!

Cara menggunakan face mist yang benar

  1. Sebelum menyemprotkan face mist, pejamkan mata dan hindari bagian mulut 
  2. Semprotkan secara merata pada wajah
  3. Semprotkan secukupnya
  4. Kamu bisa tap tap bagian wajah

Cara menggunakan face mist sebagai toner

Bolehkah menggunakan toner dan face mist? Jawabannya boleh. Toner bisa digunakan untuk melembapkan wajah setelah kamu mencuci muka dan menyiapkan kulit untuk menerima skincare yang akan digunakan. Sedangkan menggunakan face mist setelah toner akan memberikan hidrasi pada kulit dan memudahkan kulit untuk menyerap kandungan skincare lain. Berikut langkah-langkah menggunakannya. 

  1. Bersihkan wajah menggunakan micellar water atau cleanser lainnya
  2. Cuci muka dengan sabun kesayanganmu
  3. Keringkan wajah dengan tap tap secara lembut menggunakan handuk bersih
  4. Semprotkan face mist pada kapas dan usapkan pada seluruh bagian wajah
  5. Kamu juga bisa menggunakan toner terlebih dahulu baru menyemprotkan face mist pada  bagian wajah

Cara menggunakan face mist sebagai skincare tambahan

Saat menggunakan skincare, kamu bisa menambahkan satu step sebelum memakai moisturizer untuk menambah kelembapan wajah. Ketika kulit kamu terhidrasi, skincare yang selanjutnya akan terserap lebih mudah dan maksimal di kulit kamu. 

Cara menggunakan face mist setelah make up

  1. Setelah selesai menggunakan make up, semprotkan seluruh wajah dengan face mist
  2. Diamkan beberapa saat hingga face mist menyerap
  3. Jangan tap tap wajah untuk menghindari make up tergeser

Cara menggunakan face mist setelah olahraga

Ketika berolahraga, tidak jarang kulit wajah akan memerah dan beberapa kondisi juga membuat wajah terasa panas. Untuk meredakannya, kamu bisa menggunakan face mist seperti biasa dengan disemprotkan ke seluruh bagian wajah. Biarkan beberapa saat untuk meresap dan mendinginkan kulit kamu.

Rekomendasi face mist yang aman untuk semua kulit

Memilih face mist yang benar akan membantu kamu mendapatkan manfaat lebih baik dan pemakaian yang aman untuk kulit. Salah satu face mist yang aman untuk kulit sensitif dan kulit jenis lainnya adalah face mist LABORÉ dengan kandungan Mineral Rich Spring Sea Water dan teknologi Microbiome sehingga kulit lebih lembab sekaligus menyehatkan skin barrier kulit.


Lihat produk : [NEW!] LABORÉ Thermal Soothing Mist x HENY HARUN - Face Mist

Suggested Articles