Back to Previous

Perbedaan Face Mist dan Setting Spray, Kenali Sebelum Membeli!

19 March 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Sudah tau apa perbedaan face mist dan setting spray yang sering dianggap sama? Cek fungsi dan bedanya lengkap disini!

Face mist dan setting spray memang seringkali dianggap sama. Namun, jika dilihat dari fungsi dan cara pemakaian akan ada hal-hal yang membedakannya. Perbedaan face mist dan setting spray ini perlu kamu pahami agar tidak salah saat menggunakannya. Apa saja perbedaan tersebut? Yuk cek penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini!

Setting Spray

Setting spray adalah cairan yang digunakan agar membuat lapisan makeup kamu bertahan lama. Cairan ini umumnya terdiri dari air, alkohol dan mineral lain yang bisa mempertahankan make up agar tidak pudar atau “bergeser”. Namun sekarang juga sudah tersedia setting spray yang tidak menggunakan alkohol sebagai bahan utamanya. Di beberapa produk, setting spray juga sudah dilengkapi berbagai kandungan yang bisa memberi manfaat pada kulit kamu. 

Fungsi setting spray

Selain mempertahankan make up, setting spray gunanya untuk apa? Beberapa poin berikut akan menjelaskan fungsi setting spray secara umum. 

  1. Menjaga agar make up tidak luntur atau bergeser
  2. Menjaga make up agar bertahan lama 
  3. Memberikan efek natural pada make up yang digunakan 
  4. Membuat make up terlihat lebih pigmented
  5. Membuat make up tidak flaky

Kapan memakai setting spray

Pemakaian setting spray disarankan hanya ketika sedang menggunakan make up. Untuk kapan urutan pemakaian setting spray, ada dua pilihan. Kamu bisa menggunakan saat semua make up selesai dipakai atau di setiap selesai menggunakan tiap kosmetik, misalnya setelah pemakaian primer, kemudian setelah foundation, concealer dan seterusnya hingga make up kamu telah selesai teraplikasikan. 

Apakah boleh pakai setting spray setiap hari? 

Sayangnya para ahli tidak menyarankan pemakaian setting spray untuk setiap hari. Terlebih jika setting spray yang kamu gunakan adalah setting spray alcohol-based. Karena jika digunakan secara rutin, kulit kamu bisa berpotensi iritasi dan menjadi kering. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan mist yang ringan yang lebih aman dipakai sehari-hari.

Face mist

Selanjutnya adalah face mist. Face mist adalah salah satu produk skincare berupa cairan yang juga berbentuk spray dan memiliki berbagai kegunaan untuk wajah. Fungsi face mist sebenarnya bisa jadi berbeda-beda di tiap produk. Hal yang perlu kamu ketahui adalah apa kandungan yang ada di dalam face mist tersebut. 

Apakah face mist wajib? 

Face mist bisa menjadi skincare tambahan yang tentunya bisa memberi berbagai manfaat untuk kulit. Jika ditanya apakah face mist wajib? Bisa dijelaskan bahwa face mist bukanlah hal yang wajib, tapi sangat bagus dan direkomendasikan untuk digunakan. 

Fungsi face mist 

Beberapa contoh fungsi face mist yang bisa kamu dapatkan di antaranya: 

  1. Melembapkan wajah
  2. Membantu agar skincare bisa lebih meresap
  3. Bisa membantu mempertahankan make up
  4. Menyegarkan kulit wajah

Daftar di atas hanyalah beberapa manfaat face mist secara umum. Apakah face mist bisa mengunci make up menggantikan setting spray? Kamu bisa membaca manfaat hingga cara menggunakan face mist yang benar pada artikel berikut :9 Fungsi & Cara Menggunakan Face Mist yang Benar

Kesimpulan Perbedaan Face Mist dan Setting Spray

Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami ada beberapa perbedaan face mist dan setting spray. Pertama, dari intensitas penggunaannya. Setting spray tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, sedangkan face mist boleh digunakan setiap hari sesuai kebutuhan. Kemudian dari sisi fungsinya, face mist memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan setting spray. Tetapi hal tersebut juga akan tergantung dengan kandungan apa saja yang ada dalam produk kamu. Kedua produk ini juga cukup berbeda, jika face mist termasuk dalam skincare, setting spray bukanlah tergolong kedalam skincare. 

Terakhir hal yang perlu kamu ingat dan garis bawahi adalah, face mist tidak bisa menggantikan peran setting spray secara penuh. Memang ada beberapa face mist yang akan membantu mempertahankan make up di wajah, tetapi untuk efek yang ditampilkan atau secara hasil pun akan berbeda. 

Sehingga, kesimpulan yang bisa didapatkan adalah sesuaikan kebutuhan kamu untuk mengetahui kapan menggunakan face mist dan setting spray. Karena dengan begitulah kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kini kamu bisa memilih produk yang tepat. Seperti menggunakan setting spray yang aman untuk semua jenis kulit sekaligus mampu memperbaiki skin barrier. Segera dapatkan produk face mist LABORÈ sekarang di e-commerce kesayangan kamu!


Lihat produk : [NEW!] LABORÉ Thermal Soothing Mist x HENY HARUN - Face Mist

Suggested Articles