Back to Previous

Apakah wajah berminyak wajib pakai moisturizer?

23 February 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Masih banyak yang bertanya apakah wajah perlu moisturizer? Sebetulnya, apapun jenis kulit kamu, kebutuhan rangkaian skincare dasarnya kurang lebih akan sama, ya. Yang membedakan adalah tekstur, kandungan, dan manfaat dari produk yang kamu pilih. Memang sebagai pemilik kulit berminyak, kamu perlu selektif dalam memilih produk yang akan digunakan. Nah, untuk mengetahui tips menggunakan, cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat, hingga rekomendasi produknya, simak artikel ini dulu yuk!

Apakah wajah berminyak wajib pakai moisturizer?

Banyak orang dengan wajah berminyak merasa tidak perlu menggunakan pelembab, karena berpikir kulit mereka sudah cukup terhidrasi dengan minyak alami. Tapi faktanya, wajah berminyak tetap wajib menggunakan pelembab, ya. 

Produksi minyak berlebih itu sebenarnya respons kulit terhadap dehidrasi. Jadi, alih-alih tambah minyak, pelembap justru membantu menyeimbangkan kadar minyak dan air di kulit, sehingga kulit jadi lebih sehat dan terhindar dari masalah iritasi atau jerawat.

Kenapa kulit berminyak butuh pelembab? 

Kulit memproduksi minyak atau yang disebut dengan sebum. Sebum ini berfungsi melindungi kulit, jika ter namun tidak bekerja untuk menjaga hidrasi kulit. Agar bisa terhidrasi, kulit harus mendapatkan asupan air yang tepat. Meski berminyak, kalau kulit kekurangan air, tidak jarang kulit akan kering dan terasa tertarik.

Pelembap membantu mengunci air yang sudah ada di lapisan terluar kulit, biar tetap terhidrasi dengan baik. Di dalam pelembap terdapat kandungan humektan yang menarik air ke kulit dan emolien yang membentuk lapisan pelindung agar air tidak menguap. Selain itu, pelembap juga akan menyeimbangkan kadar air, sehingga produksi minyak terkontrol dan kulit jadi lebih sehat.

Baca juga : Perbedaan Moisturizer, Pelembab, dan Day Cream yang Wajib Dikenali!

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat 

Memiliki kulit berminyak memang bisa jadi tantangan tersendiri untuk menemukan produk skincare yang tepat. Agar sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk cek tips dan cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat untukmu!

1. Pilih tekstur moisturizer yang sesuai

Kulit berminyak membutuhkan moisturizer yang bertekstur ringan dan berbahan air. Karena itulah tekstur gel atau lotion lebih cocok untuk mereka. Ada baiknya untuk menghindari tekstur krim kental yang berpotensi menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

2. Cek kandungan moisturizer

Pertimbangkan kandungan yang ada di dalam moisturizer sebelum membelinya. Kamu bisa memilih moisturizer yang mengandung Hyaluronic Acid yang bermanfaat untuk menarik dan mengunci kelembapan tanpa rasa berminyak serta Glycerin yang mampu melembapkan dan menghaluskan kulit.

3. Pilih moisturizer non alcohol dan non comedogenic

Pastikan pelembap memiliki label "non-comedogenic" yang artinya tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hindari bahan seperti minyak mineral, cocoa butter, dan lanolin yang dapat memperparah minyak berlebih. Selain itu pastikan juga untuk memilih moisturizer non alcohol atau 0% alkohol, terlebih jika kulitmu berminyak dan kulit sensitif

4. Sesuaikan dengan kondisi kulit wajah

Jika kamu memiliki kulit berminyak berjerawat, pilihlah pelembap dengan kandungan yang dapat membantu mengontrol jerawat, seperti niacinamide atau salicylic acid. Namun, jika kulit kamu berminyak dan sensitif, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk pemilihan yang tepat.

Rekomendasi produk moisturizer untuk kulit berminyak

Kulit berminyak membutuhkan pelembap yang tepat untuk menjaga keseimbangan hidrasi tanpa menyumbat pori-pori atau memperparah produksi minyak. Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada moisturizer LABORÉ yang bertekstur gel ringan sehingga mudah meresap dan  aman untuk pemilik kulit berminyak. 

LABORÉ Skin Nutrition Gel diperkaya dengan Microbiome Technology dan Hyaluronic Acid, sehingga gel ini dapat mengembalikan tingkat kelembapan kulit secara efektif hingga +45.70%. Selain itu kandungan di dalamnya juga membantu menjaga keseimbangan minyak di wajah, mencegah produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

Moisturizer ini juga sudah teruji Hypoallergenic dan Dermatologically Tested, sehingga aman untuk kulit sensitif. Tertarik mencoba? Cek disini : LABORÉ SKIN NUTRITION GEL

Suggested Articles