Back to Previous

Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar, Aman, dan Bersih

4 November 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Yakin cara cuci muka kulit sensitif kamu sudah tepat? Yuk cek cara cuci muka yang benar untuk kulit sensitif sehingga wajah bersih dan tidak kering di sini!

Tidak jarang orang dengan kulit sensitif merasa tertarik dan kering setelah mencuci muka. Bukan berarti kamu tidak wajib membersihkan kotoran di wajah, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara cuci muka untuk kulit sensitif yang benar dan pemilihan facial wash yang tepat. Nah, jika selama ini kamu masih merasakan efek samping yang sama setelah mencuci muka, ada baiknya untuk mengecek penjelasan berikut, ya. 

 

Karena dengan mengikuti langkah cuci muka untuk kulit sensitif di bawah ini, kamu bisa lebih aman dan mengurangi efek yang dirasakan. Terapkan secara rutin dan berkala agar hasil yang didapat bisa optimal, ya. 

Waktu Cuci Muka yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Sebelum masuk ke langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan saat mencuci muka, kamu perlu tau dulu berapa kali cuci muka untuk kulit sensitif yang aman dan kapan saja waktunya. Untuk intensitas mencuci muka bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan dalam satu hari tersebut. Namun, yang wajib adalah melakukan cuci muka sehari dalam sekali, bisa memilih pagi hari saja atau malam hari saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga minyak alami pada kulit kamu sekaligus untuk menghilangkan kotoran, minyak dan debu yang ada di wajah kamu. 

 

Pemilihan waktu cuci muka bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas kamu. Namun, beberapa dermatologist akan menyarankan untuk cuci muka saat malam hari guna membersihkan kotoran dan debu setelah seharian beraktivitas. Kemudian, di pagi harinya kamu bisa membasuh muka dengan air saja dan menggunakan skincare routine sebelum memulai hari. 

Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar

Nah, kini kamu sudah mengerti kapan waktu yang tepat untuk mencuci wajah. Selanjutnya, ikuti cara cuci muka kulit sensitif yang benar berikut ini, yuk!

1. Gunakan micellar water

Bersihkan wajah menggunakan micellar water dan kapas untuk mengangkat kotoran dan sisa make up.

2. Mencuci tangan sebelum mencuci muka

Cuci tanganmu terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum mencuci muka agar bakteri di tangan hilang dan tidak mengkontaminasi area muka. 

 

3. Basuh wajah menggunakan air

Pasti kamu akan bertanya, cuci muka untuk kulit sensitif menggunakan air dingin atau panas? Jawabannya adalah direkomendasikan untuk menghindari air panas karena akan cukup berbahaya bagi kulit sensitifmu. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas. 

4. Aplikasikan sabun wajah dengan benar

Cara yang bisa kamu lakukan untuk step satu ini yaitu dengan menuangkan sabun wajah pada telapak tangan. Buat busa lembut di tangan dari sabun tersebut lalu aplikasikan di wajah. 

5. Usapkan sabun secara lembut 

Kamu tidak perlu menekan atau mengaplikasikan sabun secara keras di wajah. Usapkan secara halus dan tekan dengan lembut pada beberapa lipatan. 

6. Basuh hingga sisa sabun telah bersih

Jangan biarkan sabun terlalu lama di kulit wajah kamu. Jika sudah dirasa bersih dan teraplikasikan secara merata, segera basuh sabun hingga tidak ada sabun yang tersisa. 

7. Keringkan dengan kain yang bersih

Cara mengeringkan wajah yang basah juga menjadi hal penting yang kamu perhatikan. Gunakan kain atau handuk lembut yang bersih agar bakteri yang umumnya bersarang di handuk lembab tidak memberi efek buruk pada wajahmu. Keringkan dengan cara di tap, bukan digosok atau diusap.

8. Gunakan moisturizer 

Moisturizer adalah hal wajib selanjutnya yang perlu kamu gunakan setelah mencuci muka. Tidak perlu menunggu terlalu lama, jika kamu sudah mengeringkan wajah menggunakan handuk, segera gunakan moisturizer untuk kulit sensitif kamu. Karena dengan begitu, kelembapan kulitmu bisa semakin terjaga. 



Memperhatikan cara cuci muka kulit sensitif memanglah penting. Tetapi pemilihan sabun wajah untuk kulit sensitif juga sangat berpengaruh dari efek samping apa yang akan kamu dapatkan. Pastikan kamu menggunakan sabun untuk kulit sensitif seperti LABORÉ GentleBiome Mild Cleanser dengan formula dan tekstur yang sudah diformulasikan dan teruji di 900 wanita dengan kondisi kulit sensitif, kering, dan berjerawat. Segera dapatkan sabun satu ini sekarang!

Suggested Articles