Back to Previous

Berapa Kali Cuci Muka untuk Kulit Sensitif? Ini Saran Terbaiknya!

21 October 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Mencuci muka memang wajib kamu lakukan. Tapi berapa kali cuci muka untuk kulit sensitif yang benar? Ini jawaban dan tips agar wajah tidak kering dan tertarik!

Kamu pasti sering beranggapan bahwa semakin sering mencuci muka, maka wajah kamu akan lebih bersih dan terhindar dari bakteri. Tapi tahukah kamu mencuci muka terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan kulit wajah. Lalu, berapa kali cuci muka untuk kulit sensitif yang benar dan tidak membuat kulit menjadi kering? Kalau kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, maka artikel kali ini tepat untukmu. Yuk langsung saja intip informasinya!

Berapa kali cuci muka untuk kulit sensitif

Jika melansir ke Healthline dan beberapa hasil penjelasan dermatologis lainnya, pemilik kulit sensitif disarankan untuk mencuci muka 1x sehari, bisa di pagi hari atau malam hari. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mencuci wajah menggunakan sabun di malam hari dan di pagi harinya kamu bisa membasuh muka dengan air hangat agar terlihat segar. 

Namun, jika kamu menggunakan make up yang cukup tebal atau melakukan workout sehingga wajah berkeringat, maka bisa mencuci muka sebanyak dua kali sehari sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan agar minyak dan sisa make up tidak bersisa di wajah dan memicu munculnya jerawat. 

Apakah baik cuci muka 3 kali sehari?

Salah satu pernyataan yang sering didengar di tengah masyarakat mengenai cuci muka ini adalah mencuci muka 3 kali sehari. Namun, apakah itu baik? Sebagai gambaran, seseorang dengan tipe kulit normal disarankan untuk mencuci muka sebanyak dua kali saja sehari, di pagi dan malam hari. Selebihnya, jika kamu mencuci muka 3 kali sehari, maka kulit wajah akan menjadi lebih kering. 

Untuk kulit sensitif, hal ini tentu sangat tidak direkomendasikan, ya. Lebih bahayanya, kulit kamu yang sensitif akan semakin sensitif dan kering sehingga tidak jarang lebih mudah terkena iritasi kulit. 

Cara membersihkan wajah untuk kulit sensitif

Cara mencuci muka untuk kulit sensitif juga jadi salah satu hal yang membantu proses membersihkan wajah agar semakin optimal. Ikuti beberapa langkah berikut, yuk!

  1. Basuh muka menggunakan air dingin atau air hangat sebelum mengaplikasikan sabun wajah. 
  2. Gunakan kedua tangan untuk memakai sabun muka agar lebih aman. Pemakaian alat seperti busa, kain atau alat lain untuk mengaplikasikan sabun wajah tidak jarang justru bisa menimbulkan iritasi. 
  3. Cuci muka menggunakan sabun dan lakukan pijatan memutar dengan lembut
  4. Tidak perlu menunggu hingga sabun mengering, kamu bisa langsung membilas sabun tersebut. Terlalu lama menggunakan sabun wajah juga bisa membuat kulit kamu kering jika tidak segera dibilas atau dibersihkan. 

Lihat panduan selengkapnya : Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar, Aman, dan Bersih

Tips agar wajah tidak kering setelah cuci muka

Meskipun hanya satu kali melakukan cuci muka, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut agar wajah tidak kering dan terasa ditarik saat setelah mencuci muka.

Pilih sabun wajah yang khusus untuk kulit sensitif

Tidak hanya dari berapa kali cuci muka yang kamu lakukan, pemilihan sabun wajah menjadi hal yang penting juga untuk diperhatikan. Sabun wajah dengan kandungan alkohol, parfum, paraben atau kandungan yang memicu lainnya bisa membuat kulit menjadi sangat kering dan memberikan efek tertarik setelah mencuci muka. 

Apalagi untuk pemilik kulit sensitif, kandungan-kandungan tersebut bisa memicu munculnya efek samping yang membuat wajah kamu iritasi. Meskipun teknik yang kamu lakukan sudah benar, namun sabun wajah yang kamu gunakan masih kurang tepat, maka hal ini akan membuat kulit sensitif kamu kurang sehat. 

Boleh mengeringkan wajah dengan handuk wajah

Tidak perlu khawatir, kamu boleh kok mengeringkan wajah dengan handuk setelah mencuci muka. Tetapi, perlu diingat bahwa handuk yang kamu gunakan merupakan handuk bersih, ya. Direkomendasikan untuk memakai handuk yang berbeda dengan handuk untuk mengeringkan badan dan rambut. Selain itu, hindari pemakaian handuk dengan tekstur kasar. Ganti handuk secara rutin jika handuk sudah mulai lembab

Gunakan toner setelah cuci muka 

Seperti yang kita tahu, toner untuk kulit sensitif dapat membantu pembersihan lebih maksimal pada kulit wajah. Sisa kotoran, bekas make up atau residu di wajah akan diangkat oleh toner sehingga kulit kamu bisa lebih sehat dan bersih. Tak hanya itu, toner juga mampu menghidrasi kulit dan membuat kulit kamu lebih sehat. So, jangan lewatkan penggunaan toner setelah cuci muka.

Jangan lewatkan moisturizer dan sunscreen

Menurut seorang dermatologist, menggunakan moisturizer saat wajah masih lembab setelah mencuci muka bisa membantu kulit dalam menjaga kelembapannya. Untuk itu, jangan lupa memakai moisturizer setelah toner, apapun jenis kulit kamu. Setelah moisturizer meresap, kamu bisa lanjut memakai sunscreen sebagai skincare wajib yang harus kamu pakai, terlebih lagi saat akan beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga : Pakai Serum Dulu atau Sunscreen? Ini Urutan yang Benar

Nah, kini kamu sudah tau berapa kali cuci muka untuk kulit sensitif yang disarankan dan tips agar kulit kamu tidak kering setelahnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kulit dengan melakukan pola hidup sehat, minum air minimal 8 gelas per hari, dan berolahraga.

Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif adalah bagaimana kamu memilih produk yang tepat dengan cara penggunaan yang benar, seperti sabun cuci muka untuk kulit sensitif yang bagus. Seperti LABORÉ facial wash yang sudah menggunakan non soap formula sehingga efektif mampu membersihkan wajah tanpa meninggalkan tekstur kulit kering dan terasa tertarik. Selain itu, mild cleanser juga tidak mengandung bahan-bahan yang bisa memicu iritasi pada kulit sensitif seperti alkohol dan parfum. Segera dapatkan LABORÉ mild cleanser kamu di e-commerce sekarang!

Suggested Articles