Back to Previous

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak yang Mudah dan Ciri-cirinya

4 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Bagaimana cara memperbaiki skin barrier rusak untuk pemula? Ini cara mudah dan ciri-cirinya yang direkomendasikan para ahli.

Bagaimana cara memperbaiki skin barrier rusak untuk pemula? Apakah akan sesulit yang kamu bayangkan? Seperti yang kita tahu bahwa memperhatikan kesehatan skin barrier adalah hal yang penting. Skin barrier yang sehat akan membantu kamu mencapai tujuan untuk mencerahkan atau mengurangi masalah kulit wajah. 

Tidak harus menunggu skin barrier rusak terlebih dahulu untuk menyehatkan lapisan kulit tersebut. Tetapi kamu bisa mengetahui ciri-ciri skin barrier rusak yang sering terjadi terlebih dahulu untuk mengerti kondisi kulit kamu. Kali ini kamu akan mendapatkan informasi ciri-ciri tersebut hingga cara memperbaiki skin barrier rusak yang mudah dilakukan. Pada bagian akhir, kamu juga akan mengetahui rekomendasi skincare yang bisa membantumu. Yuk, cek selengkapnya!

Ciri-ciri Skin Barrier Rusak

Ada beberapa ciri skin barrier rusak yang bisa kamu kenali. Berikut daftar dan penjelasannya. 

  1. Kulit jadi sensitif
  2. Mudah iritasi dan meradang
  3. Warna kulit menjadi tidak rata
  4. Kulit terasa kasar bahkan bersisik
  5. Kulit menjadi sangat kering
  6. Munculnya jerawat
  7. Adanya infeksi dari bakteri pada kulit
  8. Munculnya jamur pada kulit
  9. Kulit menjadi mudah terasa terbakar
  10. Muncul rasa gatal di area wajah
  11. Bahkan hingga muncul pembengkakan untuk kondisi yang sudah parah

Jika kamu sudah mengalami salah satu ciri di atas, ada baiknya untuk mengevaluasi skincare yang kamu gunakan sembari memperbaiki skin barrier dengan skincare yang lebih tepat. 

Skin barrier terletak dimana

Jika kamu memiliki pertanyaan, skin barrier terletak dimana? Jawabannya adalah skin barrier berada di lapisan terluar kulit wajah kamu. Nama ilmiah dari skin barrier adalah Stratum Korneum berisikan sel dan lipid yang membentuk lapisan pelindung untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Lapisan terluar inilah yang nantinya akan menyimpan kelembapan dan melindungi kulit dari permasalahan. 

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak

Cara memperbaiki skin barrier yang rusak tidak terlalu rumit. Ikuti cara berikut untuk melakukannya.

1. Perhatikan intensitas cuci muka yang kamu lakukan selama ini

Mencuci dengan benar bisa jadi salah satu hal yang menentukan kesehatan skin barrier kamu. Pastikan untuk tidak mencuci muka terlalu sering dengan teknik yang tepat. Untuk kulit sensitif, kami pernah memberikan panduan cara cuci muka yang benar. Kamu bisa membacanya pada panduan berikut.

Baca panduan : Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar, Aman, dan Bersih

2. Gunakan skincare yang lebih sederhana

Mungkin kamu adalah orang yang terbiasa menggunakan berbagai macam jenis produk skincare. Namun, menurut dermatologi, cara memperbaiki skin barrier yang rusak bisa dimulai dengan menyederhanakan jenis skincare yang kamu gunakan. Jika diperlukan, kurangi intensitas eksfoliasi dan hindari penggunaan scrub atau sikat sementara waktu.

3. Perhatikan pH skincare yang kamu gunakan

Memilih skincare dengan pH yang tepat bisa mengurangi munculnya masalah kulit sekaligus memperbaiki skin barrier kamu. Kamu bisa lebih selektif lagi dengan cara melihat berapa pH dari skincare yang digunakan pada skincare tertentu. Para ahli sendiri menyarankan untuk menggunakan skincare dengan pH 4,0 hingga 5,5 sebagai salah satu cara memperbaiki skin barrier yang rusak. 

4. Pakai skincare dengan kandungan Ceramide

Ceramide adalah salah satu jenis lipid yang bisa membantu memperkuat pertahanan skin barrier kamu. Karena itulah, kamu bisa mulai menggunakan skincare yang mengandung lipid satu ini seperti pada moisturizer atau serum dengan ceramide. Gunakan secara rutin agar skin barrier kamu bisa lebih sehat. 

Lihat produk yang direkomendasikan : [NEW] LABORÉ GentleBiome Barrier Repair Serum - Triple Ceramide Complex

Berapa Lama agar Skin Barrier Pulih

Untuk memulihkan skin barrier yang terlanjur rusak, dibutuhkan kurang lebih dua hingga empat minggu untuk melihat hasil yang optimal. Waktu itu pun juga bisa berbeda-beda tergantung dari seberapa parah kerusakannya. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang sesuai dan tidak terlalu bervariasi agar proses pemulihan skin barrier bisa berjalan lebih mudah. Selama beberapa waktu ini, ada baiknya untuk menghentikan eksfoliasi terlebih dahulu, sementara waktu.  

Nah, itu tadi ciri-ciri skin barrier rusak hingga bagaimana cara memperbaiki skin barrier rusak untuk pemula. Tidak usah khawatir, kini sudah ada skincare untuk memperbaiki skin barrier yang mudah dan teruji mampu membantu menyehatkan lapisan kulit kamu. Rangkaian produk skincare kulit sensitif dari LABORÉ akan memperbaiki skin barrier dan menyehatkan kulitmu. Kamu bisa mencoba LABORÉ on-the-go minis untuk mengetahui manfaat dari produk tersebut. Segera dapatkan produknya di e-commerce kesayangan kamu!

Suggested Articles