Back to Previous

Cara Mendinginkan Wajah yang Terasa Panas dan Penyebabnya

11 March 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Apa penyebab wajah terasa panas? Cek daftarnya dan cara mendinginkan wajah yang terasa panas dengan mudah di sini!

Pernahkah kamu mengalami wajah terasa panas ketika berenang atau berada dalam waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari? Jika iya, lalu bagaimana cara mendinginkan wajah yang terasa panas tersebut dalam waktu yang cepat? 

Wajah yang terasa panas memang bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Dan tidak jarang, hal-hal tersebut seringkali kamu alami di kehidupan sehari-hari. Mulai karena tuntutan pekerjaan, berolahraga, atau karena faktor lain yang bisa memicu kondisi tersebut. 

Agar kamu bisa menangani hal tersebut dengan langkah yang tepat, pastikan kamu membaca artikel kali ini hingga selesai, ya. Karena pada pembahasan kali ini, LABORÈ akan menjelaskan penyebab, cara mendinginkan wajah yang terasa panas hingga rekomendasi produk yang aman digunakan untuk menanganinya. Langsung saja, yuk simak penjelasan berikut ini!

Penyebab wajah terasa panas

Ada beberapa penyebab kenapa wajah terasa panas. Faktor dan pemicu munculnya rasa panas tersebut nantinya akan berpengaruh juga pada bagaimana cara penanganannya. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya. 

1. Demam

Ketika kamu sedang demam, seluruh atau beberapa bagian tubuh akan merasakan panas, termasuk pada bagian wajah. Kondisi ini muncul karena suhu tubuh yang meningkat dan merambah ke seluruh bagian tubuh. Bahkan tidak hanya terasa panas, naiknya suhu tubuh juga akan membuat bagian wajah berkeringat.

2. Makan makanan pedas

Makan makanan pedas juga bisa menjadi penyebab wajah terasa panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya suatu zat bernama Capsaicin yang memicu reseptor panas di kulit sehingga muncul kemerahan, rasa panas, bahkan sensasi terbakar. 

3. Berada di ruang terbuka

Paparan sinar matahari jadi penyebab wajah terasa panas yang cukup sering terjadi. Sinar UV pada sinar matahari yang mengenai kulit akan menimbulkan rasa panas pada kulit. Dari sinilah kulit akan terasa panas bahkan pada beberapa kondisi, wajah juga akan merasa kemerahan hingga terbakar.

4. Tidak cocok dengan skincare yang dipakai

Pernahkah kamu mengalami wajah terasa panas setelah menggunakan skincare tertentu? Jika iya, maka ada baiknya kamu menghentikan pemakaian produk skincare tersebut. Wajah terasa panas juga bisa disebabkan karena tidak cocok dengan skincare yang kamu pakai. Di antara berbagai produk yang umum menjadi pemicu yaitu serum, sunscreen dan krim. Kamu bisa mengenali ciri-ciri tidak cocok memakai cream wajah terlebih dahulu. 

 

5. Alergi kosmetik

Selain skincare, pemakaian kosmetik juga bisa memicu panas di wajah. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kamu mengalami alergi dengan kandungan yang ada di dalam kosmetik yang kamu gunakan tersebut. Tidak hanya itu, di beberapa kasus juga ada ketidak cocokan antara skincare dan kosmetik yang dipakai. Kenali ciri-ciri alergi kosmetik pada artikel berikut : Ciri-ciri Muka Alergi Kosmetik dan Langkah Awal Mengatasinya.

6. Iritasi

Kulit wajah yang iritasi bisa menjadi faktor wajah terasa panas selanjutnya. Iritasi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti dua poin yang telah disebutkan di atas, iritasi karena udara di sekitarmu, kulit sensitif, skin barrier yang rusak, atau karena penyebab lainnya. Kemerahan yang dikarenakan oleh iritasi ini perlu ditangani dengan tepat, ya. Karena jika kamu salah dalam memilih cara dan produk untuk menanganinya, bisa jadi iritasi tersebut makin parah. 

 

Berapa lama penyembuhan iritasi pada wajah?

Proses penyembuhan iritasi pada wajah ini akan tergantung dari kondisi dan cara penanganannya. Dalam durasi waktu tertentu, panas pada wajah yang disebabkan oleh iritasi bisa berkurang dalam beberapa hari dengan memakai skincare yang tepat. 

7. Berolahraga

Wajah yang terasa panas dan memerah ketika berolahraga merupakan hal yang normal. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk respon tubuh secara alami. Ketika kamu berolahraga, jantung akan memompa darah lebih cepat untuk dialirkan ke otot dan bagian tubuh lainnya. 

8. Kondisi medis

Pada tingkat lanjut, memang ada kondisi medis yang memicu wajah terasa panas. Namun, kondisi ini perlu dicek kembali ke dokter dan dermatologis, ya. Agar penanganan yang diberikan lebih tepat dan aman,

9. Gugup

Tidak hanya disebabkan oleh adanya kondisi medis, saat kamu merasa gugup, tertekan atau anxiety juga bisa memicu wajah terasa panas. Tubuh akan mengeluarkan hormon stres ke otot dan darah sekaligus menyalurkan rasa panas. Beberapa contoh kondisi yang bisa memicu hal ini misalnya ketika kamu akan berbicara di depan banyak orang atau momen yang bisa menimbulkan perasaan gugup lainnya. 

Cara Mendinginkan Wajah yang terasa Panas

Cara mendinginkan wajah yang terasa panas sangatlah beragam. Jika kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi medis, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan konsultasi ke ahlinya. Sedangkan jika disebabkan karena alergi kosmetik dan skincare, kamu bisa menghentikan pemakaian produk yang dicurigai memicu munculnya kemerahan dan rasa panas.

 

Jika wajah terasa panas karena berolahraga atau terlalu lama berada di luar ruangan dan paparan sinar matahari, kamu bisa menunggu beberapa waktu sembari berteduh di tempat yang lebih sejuk. Kamu juga bisa mempercepat proses pada cara mendinginkan wajah yang terasa panas dengan memakai face mist khusus yang terbukti mampu meredakan panas pada wajah. 

Rekomendasi produk skincare untuk mendinginkan wajah yang terasa panas

Face mist bisa menjadi skincare “darurat” yang tidak hanya meredakan rasa panas di wajah, tetapi juga bisa memberikan manfaat lain untuk kulit kamu, di antaranya :

  • Memperkuat skin barrier
  • Memberikan efek tenang pada kulit
  • Melembapkan kulit wajah
  • Menyegarkan kulit wajah

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dari face mist LABORÉ yang aman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif. Kamu bisa mendapatkan produk tersebut di e-commerce kesayangan kamu, ya. 


Lihat produk : [NEW!] LABORÉ Thermal Soothing Mist 100 mL x HENY HARUN - Face Mist

Suggested Articles