Back to Previous

Ciri-ciri Muka Alergi Kosmetik dan Langkah Awal Mengatasinya

20 November 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Kenali ciri-ciri muka alergi kosmetik, langkah mengatasi, dan kemungkinan waktu sembuh dari alergi yang kamu butuhkan di sini!

Tahukah kamu bagaimana ciri-ciri muka alergi kosmetik? Yup, meski dapat membuat penampilan menjadi lebih cantik, nyatanya tidak semua produk kecantikan akan cocok di kulitmu.

Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif, risiko alergi kosmetik ini tentu akan semakin besar. Namun tenang saja, ada ciri muka alergi kosmetik yang dapat kamu kenali. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Perbedaan Sensitif dan Alergi?

Sebelum masuk ke dalam ciri-ciri muka alergi kosmetik, kamu perlu mengenali perbedaan kulit sensitif dan alergi.

 

Umumnya, beberapa tanda kulit sensitif adalah muncul kemerahan dengan sensasi gatal ataupun terbakar yang dapat membuatmu tidak nyaman. Kondisi kulit sensitif ini disebabkan oleh ketidakmampuan kulit dalam menghadapi tekanan eksternal seperti angin, polutan, hingga cuaca yang terlalu dingin ataupun panas. Akibatnya, kulit pun bereaksi dengan cara yang tidak proporsional ketika terkena stres tersebut.

Sementara itu, kulit alergi umumnya disebabkan oleh adanya zat alergen tertentu, bukan karena stres eksternal. Reaksi alergi ini pun hanya terjadi setiap kali kulit bersentuhan dengan alergen.

Tidak seperti kulit sensitif yang reaksinya meradang, alergi menimbulkan respons imun berupa kemerahan, bengkak, eksim, atau bahkan gatal-gatal dan paling sering terjadi di area yang bersentuhan dengan produk.

Perbedaan Iritasi dan Alergi karena Kosmetik

Selain itu, ada juga ciri-ciri alergi kosmetik juga akan berbeda dengan iritasi karena kosmetik. Ada dua jenis reaksi kulit terhadap zat yang terdapat dalam kosmetik, yaitu iritasi (dermatitis kontak iritan) dan alergi (dermatitis kontak alergi). 

Dermatitis kontak iritan tidak melibatkan respons imun dan biasanya berkembang saat kulit sedang menyesuaikan diri dengan produk tertentu. Selain itu, dermatitis kontak iritan umumnya juga ditandai dengan munculnya rasa gatal, terbakar atau perih, dan/atau kemerahan pada area kulit yang terkena kosmetik tersebut.

Di sisi lain, dermatitis kontak alergi adalah hasil dari respons berlebihan tubuh terhadap zat yang tidak berbahaya dalam produk kecantikan. Adapun beberapa gejala dermatitis kontak alergi meliputi gatal-gatal, kemerahan, dan bengkak di bagian tubuh seperti wajah, bibir, telinga, dan leher atau area yang langsung terpapar alergen.

Kondisi dermatitis kontak alergi ini akan terus berlangsung hingga tubuh mampu membangun toleransi terhadap alergen.

 

Ciri-ciri Muka Alergi Kosmetik

Meski setiap orang mungkin akan mengalami kondisi yang berbeda, secara umum, ciri-ciri muka alergi kosmetik adalah sebagai berikut:

  • Kulit gatal-gatal
  • Timbul ruam kemerahan
  • Muncul sensasi perih, gatal, atau terbakar
  • Kulit kering dan pecah-pecah
  • Timbul bintik merah kecil
  • Mata memerah, gatal, bengkak, dan berair
  • Area bibir dan lidah membengkak

Kemudian sebagai catatan, reaksi alergi kosmetik yang semakin parah biasanya dapat mengarah pada anafilaksis.

Perlu diketahui, anafilaksis adalah reaksi alergi berat yang jika tidak ditangani secara tepat dapat mengancam keselamatan jiwa.

Adapun ciri-ciri muka alergi kosmetik yang berlanjut hingga anafilaksis dapat meliputi beberapa tanda berikut.

  • Sesak napas
  • Lidah dan tenggorokan yang membengkak
  • Diare
  • Pingsan

Kapan Reaksi Alergi Skincare Muncul?

Reaksi alergi skincare bisa muncul secara langsung hingga beberapa jam kemudian setelah kamu menggunakan produk perawatan atau kecantikan tertentu. Namun sebenarnya, reaksi alergi ini bisa saja baru muncul setelah kamu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun menggunakan suatu produk tanpa masalah. Jadi, pastikan untuk terus waspada dan selalu perhatikan kondisi kulit, ya!

Berapa Lama Sembuh dari Alergi Kosmetik?

Tingkat keparahan gejala alergi yang dialami setiap orang umumnya tidak sama karena bergantung pada jenis reaksi dan seberapa sensitif kulit terhadap suatu zat. Oleh karena itu, untuk mengobati kondisi alegi ini, kamu perlu mengetahui sekaligus menghindari penyebab reaksinya. Umumnya, apabila kamu dapat menghindari zat penyebab reaksi, ruam yang terdapat pada kulit akan menghilang dalam 2 hingga 4 minggu.

Bagaimana Langkah Awal Mengatasi Alergi?

Terdapat beberapa tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal mengatasi alergi setelah mengetahui ciri-ciri muka alergi kosmetik. Hal ini tentu penting diketahui untuk mencegah reaksi alergi yang semakin parah.

Langsung saja, beberapa langkah awal mengatasi alergi yang dapat kamu lakukan yaitu:

  1. Ketahui apa penyebab reaksi alergi dengan benar.
  2. Sebisa mungkin, hindari zat penyebab alergi.
  3. Temukan obat alergi terbaik yang sesuai dengan gejala.
  4. Gunakan serum yang bisa meredakan efek iritasi dan alergi untuk kulit sensitif
  5. Konsultasikan dengan dokter apabila reaksi alergi tidak kunjung membaik.

Itulah ciri-ciri muka alergi kosmetik yang bisa kamu kenali agar tidak makin parah jika dibiarkan. Jangka waktu penyembuhan alergi kosmetik pada kulit wajah juga bisa berbeda. Jika dirasa sudah parah dan lama tidak kunjung sembuh, segeralah mengunjungi dokter kecantikan terdekat. 

Pastikan kamu tidak menggunakan sembarang skincare ketika kulit sedang tidak baik-baik saja. Gunakan skincare untuk kulit sensitif dari LABORÉ yang telah dirancang khusus sebagai brand untuk kulit sensitif tetapi bisa digunakan untuk kulit lainnya. Semua bisa pakai LABORÉ karena aman dan terbukti di 900 wanita dan telah diformulasikan untuk berbagai kulit di Indonesia.

Suggested Articles