Back to Previous

Cara Reapply Sunscreen yang Benar, untuk Daily dan Pakai Make Up

1 March 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Bagaimana cara reapply sunscreen yang benar? Cek di sini cara mudah untuk sehari-hari atau saat pakai make up.

Kamu tentu sudah memahami kalau sunscreen adalah skincare wajib yang harus diaplikasikan ulang dalam jangka waktu tertentu. Tapi bagaimana cara reapply sunscreen yang benar? Dan setiap berapa jam baru reapply sunscreen? Agar sunscreen yang kamu gunakan bisa bekerja secara optimal, yuk intip penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini. 

Akibat Jika Tidak Reapply Sunscreen

Apa akibatnya jika tidak reapply sunscreen sesuai dengan panduan? Memang efek yang ditimbulkan tidak semata-mata akan sangat berpengaruh dan membuat kulit wajahmu tiba-tiba breakout. Tetapi, efek jika tidak reapply sunscreen bisa memicu kemerahan dan iritasi karena paparan sinar matahari yang tidak “terhalang” oleh lapisan sunscreen. Jika hal ini dilakukan berulang, tentu efek yang terjadi bisa semakin parah merusak bagian kulit wajah kamu.

Cara Reapply Sunscreen yang Benar

Tidak sedikit orang yang kadang melakukan kesalahan saat memakai skincare sehingga hasil yang didapatkannya pun tidak maksimal. Salah satunya adalah saat pemakaian sunscreen. Selain dipakai setelah menggunakan moisturizer ketika melakukan skincare routine, sunscreen juga perlu di apply tiap beberapa jam. 

 

Bagaimana cara reapply sunscreen yang benar? Yuk cek penjelasan di bawah ini!

  1. Pilih jenis sunscreen yang akan kamu gunakan sesuai dengan kondisi wajah kamu sekarang. Jika kamu sedang menggunakan make up, kamu bisa membaca langkah yang dijelaskan pada bab selanjutnya
  2. Bersihkan wajah dari kotoran dan debu terlebih dahulu
  3. Pastikan wajah dalam keadaan kering
  4. Aplikasikan sunscreen secukupnya (seukuran dua ruas jari, telunjuk dan jari tengah) 
  5. Ratakan sunscreen di wajah 
  6. Biarkan sunscreen meresap kurang lebih selama 10-15 menit
  7. Selesai, kini kamu bisa melanjutkan aktivitas kembali

Berapa kali Reapply sunscreen dalam sehari?

Sebetulnya tidak ada patokan pasti berapa kali reapply sunscreen dalam sehari. Tetapi fakta yang harus kamu ketahui adalah bahwa lapisan sunscreen yang meresap ke dalam kulit bisa memudar dengan cara “memecah” ketika terkena paparan sinar matahari langsung. Sehingga karena itulah sunscreen perlu di reapply secara berkala. 

 

Lalu, berapa jam baru reapply sunscreen? Jawabannya akan tergantung dari dimana dan aktivitas apa yang akan kamu lakukan. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan yang terpapar langsung sinar matahari, berkeringat, berenang atau kegiatan di luar ruangan lainnya, maka ada baiknya untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali. Sedangkan akan berbeda halnya jika kamu bekerja di dalam ruangan atau menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan, maka durasi tersebut masih bisa disesuaikan.

Apakah jika ingin Reapply sunscreen harus cuci muka dulu?

Sebetulnya mencuci wajah sebelum reapply sunscreen bukanlah hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa saja langsung reapply sunscreen dengan cara yang benar tadi. Tetapi, jika sudah merasa bahwa kulit wajah kamu berdebu, terkena polusi, atau terdapat kotoran, kamu bisa mencuci muka atau membersihkan wajah terlebih dahulu barulah reapply sunscreen. 

Baca juga : Pakai Serum Dulu atau Sunscreen? Ini Urutan yang Benar

Cara Reapply Sunscreen saat Pakai Makeup

Meskipun sedang menggunakan make up, kamu juga disarankan untuk tetap reapply sunscreen, walaupun hanya menggunakan bedak. Lalu bagaimana cara reapply sunscreen saat pakai bedak atau memakai makeup secara penuh? Sebelum masuk ke langkah-langkah yang bisa kamu terapkan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu. 

Jika kamu sedang memakai make up dan mau reapply sunscreen, ada baiknya untuk memperhatikan jenis sunscreen yang kamu gunakan. Rekomendasi sunscreen yang kamu bisa gunakan diantaranya berbentuk spray, powder dan krim. 

Saat memakai sunscreen spray, kamu bisa menggunakannya dengan mudah hanya dengan menyemprotkan ke wajah secukupnya. Sama halnya dengan powder, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen powder menggunakan brush ke permukaan wajah. Sedangkan yang terakhir, sunscreen krim atau lotion bisa kamu aplikasikan menggunakan spons yang bersih. Tap tap bagian wajah, (jangan dioles) agar makeup tidak tergeser dan merusak hasil akhir.  

Bolehkah Reapply sunscreen saat make up?

Reapply sunscreen adalah hal yang penting, terlebih jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa kandungan yang ada di sunscreen dan makeup yang kamu gunakan tidak akan memicu breakout. Selain itu, jangan lupa membersihkan make up dan sunscreen sebelum tidur agar selama beristirahat, pori-pori tidak akan tersumbat dan menimbulkan jerawat. 

Setelah memakai sunscreen apakah boleh memakai bedak?

Setelah selesai melakukan serangkaian skincare routine pagi, kamu akan memakai sunscreen sebagai sebelum memakai make up. Tetapi, apakah setelah memakai sunscreen boleh menggunakan bedak? Jawabannya sudah pernah kami bahas lengkap pada artikel sebelumnya. Baca disini untuk menemukan tips agar aman dan tidak timbul jerawat. 

Lihat panduan : Apakah Boleh Memakai Bedak Setelah Memakai Sunscreen? Ini Jawabannya!

Perlukah Reapply sunscreen saat di rumah?

Meskipun kamu jarang keluar rumah atau berada di bawah matahari atau hanya di rumah saja, ada baiknya untuk tetap menggunakan sunscreen. Karena selain melindungi kulit dari sinar UV, sunscreen tertentu juga akan menjaga kulit wajah dari paparan dari layar handphone atau gadget lainnya. Intensitas reapply mungkin tidak akan sebanyak ketika kamu berada di luar rumah, tetapi kamu bisa menyesuaikan intensitas reapply sunscreen agar tetap terlindungi. 

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai cara reapply sunscreen yang benar, baik saat menggunakan makeup maupun saat aktivitas sehari-hari. Cara reapply sunscreen di atas bisa diterapkan mulai remaja hingga dewasa. Sama halnya dengan produk dan sunscreen dari LABORÉ yang aman digunakan remaja hingga dewasa dengan tipe kulit apapun, dan sangat cocok untuk pemilik kulit sensitif. Cek sunscreen LABORÉ dan cek berbagai manfaatnya untuk melindungi kulit dan menyehatkan skin barrier kamu sekarang!

Suggested Articles