Back to Previous

Setelah Memakai Skincare Malam Harus Langsung Tidur, Apakah Boleh?

12 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Apakah setelah memakai skincare harus langsung tidur atau masih boleh begadang? Ini jawaban dan cara yang benar!

Ada dua waktu yang disarankan untuk menggunakan skincare, yaitu di pagi dan malam hari. Skincare malam akan membantu proses restorasi kulit ketika kita tidur. Dan masih banyak lagi manfaat skincare malam yang perlu kamu ketahui. Tapi, salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah setelah memakai skincare malam harus langsung tidur? Atau ternyata kita masih boleh beraktivitas atau begadang seperti biasa. 

Untuk tau jawabannya, kamu bisa pahami beberapa poin terlebih dahulu seputar skincare malam berikut ini.

Pentingnya melakukan rutinitas skincare malam hari

Pada malam hari, tanpa kita sadari kulit kita sedang “berbenah”. Artinya, ada proses restorasi kulit yang terjadi selama kita tidur. Selama kita tidur, kulit beregenerasi dengan lebih cepat karena adanya peningkatan darah yang mengalir ke kulit. Pada malam hari, kulit akan memproduksi sel-sel kulit baru dan mampu memperbaiki tekstur kulit secara aktif. 

Proses tersebut bisa bergerak secara optimal dengan catatan kamu sudah membersihkan kosmetik dan kotoran yang telah menempel di kulit wajah selama seharian penuh. Karena jika kamu tidak membersihkannya, pori-pori kulit akan tersumbat dengan lapisan dan kotoran. Sehingga, kamu tidak bisa memanfaatkan proses kulit untuk bernapas selama proses perbaikan malam hari tersebut.

Selain itu, membiarkan make up tidak dibersihkan selama semalaman bisa memicu munculnya jerawat baru. Karena bakteri dan debu yang berada di wajah kamu selama seharian tidak dibersihkan. 

Rangkaian skincare malam

Sekarang kamu sudah memahami bagaimana pentingnya melakukan rutinitas skincare malam hari. Jika selama ini kamu belum melakukan skincare routine malam hari, kamu bisa mulai melakukan langkah-langkah berikut yang mudah dilakukan. 

  1. Bersihkan make up dengan cara double cleansing yang benar
  2. Cuci muka menggunakan cleanser atau facial wash
  3. Keringkan wajah dengan di tap menggunakan handuk bersih
  4. Gunakan hydration toner untuk mengangkat sisa kotoran dan menyiapkan wajah menerima skincare lain
  5. Gunakan serum kesayangan kamu
  6. Jangan lewatkan moisturizer
  7. Kamu bisa menggunakan skincare tambahan seperti night cream, lip balm, atau eye cream untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit wajah.  

Pastikan bahwa skincare dasar itu kamu gunakan terlebih dahulu sebagai pondasi yang memperkuat kulit. 

Baca juga : Kenali 12 Ciri-ciri Cocok Memakai Cream Wajah Sebelum Ganti Produk

Skincare malam digunakan jam berapa?

Sebenarnya tidak ada patokan pasti pada pukul berapa kamu harus menggunakan skincare malam. Tetapi para ahli menyarankan untuk menggunakan skincare mendekati waktu akan tidur. Dengan catatan, untuk make up ada baiknya bisa segera dibersihkan. 

Perhitungkan juga durasi lama skincare perlu meresap ke kulit. Perlu kamu tahu skincare membutuhkan kurang lebih 20-25 menit untuk bisa meresap sempurna ke dalam lapisan kulit kamu. 

Sehingga untuk menjawab pertanyaan skincare digunakan jam berapa, jawabannya adalah sesegera mungkin setelah kamu selesai dengan make up yang kamu gunakan. 

Apakah setelah memakai skincare malam harus langsung tidur?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sangat disarankan untuk memakai skincare mendekati waktu tidur. Tetapi, kamu juga bisa menggunakan skincare 1 jam sebelum tidur jika memang ada aktivitas yang harus dilakukan. Usahakan untuk segera tidur dan menyelesaikan segala aktivitas setelah menggunakan skincare malam, ya. Agar kandungan skincare kamu juga bisa membantu proses regenerasi saat tidur nanti.

Itulah jawaban dari apakah setelah memakai skincare malam harus langsung tidur atau tidak. Jangan lewatkan rutinitas skincare malam jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada kulit wajah. 

Kalau kamu sedang ingin memperbaiki skin barrier, yang mana adalah hal yang penting bagi kulit, kamu perlu menyiapkan produk skincare untuk kulit sensitif dari LABORÉ. Skincare yang diformulasikan khusus ini tidak hanya bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif saja. Sudah terbukti di ratusan wanita dengan jenis kulit yang beragam dan mampu memperbaiki skin barrier dalam waktu lebih cepat. Segera dapatkan produk LABORÉ di e-commerce kesayangan kamu. 

Suggested Articles