Back to Previous

Cara Double Cleansing yang Benar untuk Kulit Sensitif, Tidak Sulit!

9 December 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Taukah kamu cara double cleansing yang benar untuk kulit sensitif perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Cek selengkapnya disini!

Kamu pasti sudah sering mendengar double cleansing sebelum mengaplikasikan skincare di wajah. Lalu bagaimana cara double cleansing yang benar untuk kulit sensitif? Jika kamu belum mengetahui hal tersebut, kamu perlu membaca artikel kali ini hingga selesai. Selain mendapatkan langkah-langkah double cleansing untuk kulit sensitif, kamu juga akan menemukan jawaban untuk hal yang sering ditanyakan terkait double cleansing bagi pemilik sensitive skin. Langsung saja, yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Double Cleansing? 

Double cleansing adalah cara membersihkan wajah dengan dua tahap, yaitu membersihkan kosmetik atau apapun yang kamu gunakan di wajah kamu dan kemudian dilanjutkan dengan mencuci muka. Pembersihan pertama umumnya menggunakan cleansing oil atau balm cleanser. Lalu dilanjutkan dengan pembersihan wajah menggunakan sabun wajah atau water based cleanser. 

Cara membersihkan wajah secara mendalam ini bisa dilakukan oleh berbagai jenis kulit dengan tata cara yang sama. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jenis produk apa yang digunakan.  

Apakah perlu double cleansing jika tidak memakai make up?

Double cleansing tidak hanya penting dilakukan ketika kamu selesai menggunakan riasan saja, lho. Mulai riasan sederhana hingga riasan yang cukup tebal, tentu perlu melakukan double cleansing setelah selesai atau saat malam hari. 

Selain itu, jika kamu tidak memakai make up, double cleansing juga patut dilakukan. Tujuannya adalah untuk membersihkan sunscreen, moisturizer, sebum, kotoran, debu dan polusi di wajah kamu setelah seharian beraktivitas. Tidak hanya itu, melakukan double cleansing juga akan membantu skincare yang kamu gunakan lebih meresap dan mengecilkan potensi muncul jerawat baru bagi pemilik kulit sensitif berjerawat. 

Kapan double cleansing sebaiknya dilakukan

Sebetulnya waktu double cleansing wajah kulit sensitif bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu sedang memakai riasan, ada baiknya untuk melakukan double cleansing di malam hari sebelum tidur. 

Sedangkan jika kamu tidak menggunakan riasan apapun, tidak ada salahnya untuk melakukan double cleansing ketika pagi hari karena sejatinya selama kita tidur muncul sebum di wajah. 

Double cleansing di pagi hari bisa membantu kandungan skincare pagi kamu menyerap dengan lebih baik.  

Skincare Double Cleansing untuk Kulit Sensitif

Selanjutnya yang kamu bisa persiapkan adalah skincare apa saja yang diperlukan untuk melakukan double cleansing. Catat beberapa skincare berikut ini. 

Cleansing Oil / Cleansing balm 

Untuk pemilik kulit sensitif, penggunaan cleansing oil bisa jadi alternatif untuk pembersih wajah yang pertama. Carilah cleansing oil atau cleansing balm dengan kandungan yang cocok dengan kulit sensitif sehingga tidak menimbulkan iritasi dan menggunakan formula yang lembut.

Facial Wash

Selanjutnya adalah facial wash. Skincare satu ini memang perlu dipilih dengan tepat, apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Pilih sabun muka untuk kulit sensitif yang tidak akan membuat kulitmu terasa kering atau tertarik setelah menggunakannya. Seperti LABORÉ Mild Cleanser yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan bisa membantu memperbaiki skin barrier kulit kamu. 

Lihat produk : Mild Cleanser for Sensitive Skin - LABORÉ

Cara Double Cleansing yang Benar untuk Kulit Sensitif

  1. Lepas dulu bulu mata palsu yang kamu gunakan
  2. Lepas juga softlens jika kamu menggunakannya
  3. Ambil cleansing balm atau cleansing oil secukupnya dan letakkan di telapak tangan
  4. Usap sedikit kemudian aplikasikan di wajah
  5. Pijat secara lembut hingga kosmetik terasa terangkat dengan cleansing oil atau cleansing balm tersebut
  6. Jika sudah, segera bersihkan dan cuci muka menggunakan facial wash
  7. Tahap selanjutnya kamu bisa melanjutkan dengan rangkaian skincare rutin kamu

Baca juga : Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar, Aman, dan Bersih

Nah sekarang kamu sudah tau kan bagaimana cara double cleansing yang benar untuk kulit sensitif. Penting untuk diingat bahwa double cleansing adalah hal yang wajib dan bisa mempengaruhi hasil skincare yang kamu gunakan. Jangan sepelekan hal tersebut, ya. Dan pastikan kamu menggunakan skincare untuk kulit sensitif yang tepat dari LABORÉ sebagai brand yang berfokus kepada perawatan kulit sensitif untuk wanita di Indonesia.  

Suggested Articles