Back to Previous

Sunscreen Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Fakta dan Tipsnya

16 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Apakah sunscreen boleh dipakai malam hari? Cek jawaban dan tips agar amannya di sini.

Sunscreen memang produk skincare yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun kamu bekerja di dalam ruangan sekali pun, sunscreen harus kamu gunakan. Tapi apakah sunscreen boleh dipakai malam hari? Jika tidak, sampai kapan kita harus menggunakan sunscreen dalam kegiatan sehari-hari? Untuk menemukan jawabannya, kamu bisa membaca ulasan berikut hingga selesai. 

Waktu yang tepat untuk menggunakan sunscreen

Sunscreen mampu melindungi kulit wajah kamu dari sinar UV. Tidak hanya harus digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk memakai sunscreen meski kamu bekerja dalam ruangan. Dari sini kita sudah cukup terbayang bahwa sangat penting menggunakan sunscreen setiap hari. 

Tapi kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan sunscreen? Apakah harus dari dini hari, sampai sore hari, atau bagaimana?

Menurut ahli dan dermatologis, disarankan untuk memakai sunscreen 30-40 menit sebelum kamu terpapar sinar matahari. Hal ini dikarenakan sunscreen membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam kulit sampai akhirnya bisa melindungi kulit secara merata. Di sisi lain, memberikan jarak antara waktu penggunaan sunscreen dengan saat keluar rumah bisa meminimalisir berkurangnya manfaat dari sunscreen yang menghilang atau terhalang keringat. 

Kamu bisa menggunakan sunscreen saat pagi hari ketika matahari sudah mulai terbit, sekitar pukul 6 hingga 7 pagi. Waktu tersebut sudah disarankan untuk memakai sunscreen. Kemudian jangan lupa untuk me-reapply sunscreen setiap 2 jam sekali atau bahkan bisa lebih sering untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan atau di lapangan.

Pakai sunscreen sampai jam berapa?

Tidak ada batas pasti sampai jam berapa harus memakai sunscreen. Tetapi, beberapa ahli akan menyarankan untuk menggunakan sunscreen sampai matahari terbenam. Di Indonesia sendiri, kurang lebih pada rentang pukul 6 hingga 7 malam. Hal ini masih disebabkan oleh hal yang mendasar, yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit. 

Apakah sunscreen boleh dipakai malam hari?

Lalu bagaimana setelahnya, apakah sunscreen boleh dipakai malam hari? Ataukah wajib menggunakannya saat malam ketika kita berada di luar ruangan. 

Sebelum menjawabnya, kamu perlu mengetahui keuntungan dan kelemahan menggunakan sunscreen saat malam hari.

Manfaat memakai sunscreen saat malam hari

  1. Melindungi kulit wajah dari photoaging yang berdasarkan penelitian juga bisa memberikan dampak di kulit kamu
  2. SPF yang tepat bisa membantu mengurangi efek dari melasma
  3. Menenangkan kulit yang terbakar karena matahari (mengurangi dampak sunburn)
  4. Untuk sunscreen dengan kandungan khusus, maka kulit akan semakin lembab.

Sayangnya, seperti yang kita tau bahwa sangat disarankan untuk melakukan double cleansing sebelum tidur, meskipun kita tidak menggunakan makeup apapun dan hanya sunscreen saja. Karena jika dibiarkan dan tidak dibersihkan saat tidur, sunscreen justru bisa menyumbat pori-pori dan bisa memicu munculnya jerawat. 

Sehingga untuk menjawab pertanyaan apakah sunscreen boleh dipakai malam hari, jawabannya adalah boleh namun dengan catatan. Jika pada malam itu kamu sudah tidak beraktivitas lagi dan akan tidur, maka segera lakukan double cleansing dan rutinitas skincare malam yang benar. Pemakaian sunscreen untuk malam hari bukanlah hal yang wajib, efek yang dihasilkan tidak akan seoptimal pemakaian pagi hingga siang hari. 

Jika kamu masih penasaran perlukah pakai sunscreen saat tidur? Jawabannya tidak, ya. Karena sunscreen bukan bagian dari rangkaian night skincare dan jika tidak dibersihkan justru mampu menimbulkan masalah. 

Kamu bisa melihat penjelasan lebih lengkap mengenai rekomendasi skincare malam dan penggunaannya bisa melihat panduan : Setelah Memakai Skincare Malam Harus Langsung Tidur, Apakah Boleh?

Itulah penjelasan yang bisa kamu terapkan setiap hari dalam penggunaan skincare. Tidak apa jika kamu ingin memakai sunscreen yang mampu melembabkan dan memperbaiki skin barrier pada kulit wajah seperti sunscreen LABORÉ. Tapi gunakan jauh sebelum kamu tidur dan segera dibersihkan jika sudah selesai, ya. 

Agar tidak muncul masalah di wajah, kamu bisa segera memperbaiki skin barrier dengan skincare khusus yang juga sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif. Skincare untuk kulit sensitif dari LABORÉ mampu meredakan iritasi dan kemerahan dalam waktu yang lebih cepat. Jangan khawatir, karena produk ini sudah terbukti di lebih dari 900 wanita dengan berbagai permasalahan kulit wajah. Segera dapatkan produknya sekarang!

Suggested Articles