Back to Previous

5 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah yang Efektif & Penyebabnya

22 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Perbedaan cleanser dan facial wash perlu kamu ketahui sebelum memilihnya karena akan tergantung pada jenis kulit kamu. Cek selengkapnya!

Apa kamu pernah mengalami momen dimana kulit wajah kamu tiba-tiba memerah? Jika iya atau sedang mengalaminya, kamu perlu tau beberapa cara menghilangkan kemerahan di wajah yang aman berikut ini. Tapi sebelum itu, ada hal yang perlu kamu tahu tentang penyebab apa saja yang bisa memicu wajah kemerahan. Langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Kulit wajah memerah tanda apa?

Munculnya kemerahan di kulit wajah merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah terjadi di bagian kulit kamu. Letak pemicu kemerahan juga beragam. Ada kemerahan yang disebabkan peredaran darah, gesekan benda dengan kulit, digaruk, atau karena penyebab lainnya. 

Karena itulah kamu harus memahami terlebih dahulu mengapa kulit wajah bisa memerah. Evaluasi apa hal yang telah kamu lakukan untuk mengetahuinya. Tapi yang pasti, munculnya kemerahan di kulit wajah menandakan ada masalah kulit yang harus kamu segera perbaiki agar tidak semakin parah.

Penyebab kemerahan di wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada berbagai penyebab munculnya kemerahan di wajah dan hal ini akan berpengaruh pada bagaimana kamu memperbaikinya. Berikut ini beberapa penyebab kemerahan di wajah dengan gejala yang ringan hingga cukup kronis menurut dermatologis. 

1. Iritasi

Adanya kemerahan karena adanya iritasi merupakan hal yang cukup sering terjadi terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif. Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis kontak iritan yang dipicu oleh adanya kandungan yang bisa menimbulkan reaksi.

2. Alergi

Kulit wajah kemerahan juga bisa disebabkan oleh alergi. Misalnya jika kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu, seperti seafood, telur, atau makanan lain. Kemerahan karena alergi terjadi karena adanya perkembangan dermatitis kontak alergi. Alergi ini tidak hanya terjadi karena makanan saja, bisa juga karena udara atau kandungan tertentu yang mengenai lapisan kulit. 

3. Rosacea

Rosacea atau dalam Bahasa Indonesia disebut Rosasea adalah sebuah kelainan pada kulit dimana kondisi ini umumnya timbul benjolan dengan kemerahan yang berukuran kecil-kecil dan terkadang benjolan tersebut berisikan nanah. Rosacea diawali dengan gejala kulit wajah yang membengkak dan kemerahan. Jika kamu mengalami hal tersebut, segera lakukan konsultasi ke dokter kulit atau dermatologis untuk mendapatkan obat dan rekomendasi treatment yang diperlukan.

4. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi memang mampu membersihkan kulit dan mengangkat kulit mati. Namun jika eksfoliasi dilakukan lebih dari 2-3x seminggu, maka lapisan kulit dan minyak wajah kamu bisa menipis dan membuat kulit kamu cukup kering. Gejala yang kamu alami jika over eksfoliasi adalah jika munculnya kemerahan secara merata di kulit wajah, kulit iritasi, bersisik bahkan hingga breakout.

5. Terpapar sinar matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen juga bisa memicu munculnya kemerahan. Kerusakan yang terjadi dikarenakan oleh adanya paparan UV dari matahari yang membuat tubuh mengirim lebih banyak darah ke bagian yang terpapar tersebut. Bahkan sinar matahari ini juga bisa memicu munculnya kondisi

Spider Veins atau dalam dunia medis dikenal sebagai Telangiektasia. 

6. Jerawat 

Jerawat bisa saja menjadi pertanda adanya kerusakan pada kulit wajah kamu. Sebelum meninggalkan bekas hitam, jerawat akan menimbulkan warna kemerahan di kulit. Apalagi bagi pemilik kulit kering dan sensitif, kondisi ini bisa semakin parah jika kamu tidak menggunakan sunscreen.

7. Kesalahan dalam memilih skincare

Skincare juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya kemerahan pada kulit wajah. Hal ini terjadi karena ada kandungan tertentu yang berbahaya untuk kulit atau memang kulit wajah kamu yang tidak cocok dengan kandungan tersebut. Kondisi ini bisa saja terjadi pada jenis kulit apapun, terlebih lagi jika kulit kamu adalah kulit sensitif. 

8. Tidak cocok dengan kosmetik

Selain ketidakcocokan kulit wajah dengan kandungan skincare tertentu, penyebab kemerahan di wajah juga bisa disebabkan oleh kandungan kosmetik yang kamu gunakan.

Lihat panduan : Ciri-ciri Muka Alergi Kosmetik dan Langkah Awal Mengatasinya

9. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang mana sistem kekebalan tubuh sudah mulai menyerang bagian tubuhnya sendiri. Salah satu gejala yang terjadi bisa dilihat dari adanya pembengkakan dan kemerahan yang berbentuk mirip kupu-kupu di bagian wajah. Jika tanda sudah terjadi, segera hubungi dokter.

Kapan harus ke dokter untuk mengobati kemerahan di wajah?

Masih ada penyebab lain yang bisa saja menjadi penyebab kemerahan di wajah. Jika kemerahan sudah berlangsung lebih dari 10-14 hari, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya. 

Selain itu, jika kemerahan disertai beberapa kondisi berikut, sangat direkomendasikan untuk segera menghubungi dokter. 

  1. Area yang kemerahan semakin melebar
  2. Mulai kesulitan bernafas
  3. Kemerahan disertai rasa sakit atau perih 
  4. Kemerahan yang diikuti dengan penurunan kesadaran
  5. Kemerahan yang disebabkan oleh gigitan hewan
  6. Area kemerahan yang berada dekat dengan mata

Berapa lama kemerahan akan hilang?

Jika kemerahan yang muncul dikarenakan adanya penyakit tertentu di kulit wajah kamu, maka durasi yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan obat diagnosis yang diberikan dokter. Lama waktu yang diperlukan agar kemerahan menghilang juga bisa kamu tanyakan kepada dokter atau dermatologi. 

Jika kemerahan disebabkan oleh penggunaan skincare atau kosmetik yang salah, paparan sinar matahari, terlalu lama berada di bawah matahari, alergi, munculnya jerawat, atau terlalu sering eksfoliasi, dengan penanganan yang tepat dan berhenti menggunakan produk yang memicu, setidaknya kamu membutuhkan 2 minggu untuk melihat perbedaannya. Durasi waktu tersebut juga bisa dipercepat dengan memakai produk khusus seperti LABORÉ Barrier Revive Cream yang mampu mengurangi kemerahan dalam 15 menit. 

Lihat produk : LABORÉ Barrier Revive Cream 

Cara menghilangkan kemerahan di wajah

Ada beberapa cara menghilangkan kemerahan di wajah secara alami dan sebagai pertolongan pertama saat kamu mengalaminya. Perlu diingat, untuk tidak sembarangan dalam memilih produk untuk mengurangi kemerahan dan pilihlah pereda yang berguna untuk menenangkan kulit. Berikut beberapa cara menghilangkan kemerahan di wajah yang aman.

1. Lidah buaya

Lidah buaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kemerahan di wajah secara alami. Jika kamu menggunakan tanaman tersebut secara langsung, pastikan hilangkan terlebih dahulu gel yang bisa membuat gatal dan bersihkan. Ambil daging dan usapkan pada bagian yang kemerahan. Kamu juga bisa menyimpannya di kulkas terlebih dahulu untuk memberikan kesan dingin.

2. Air dingin atau es 

Air dingin dan es bisa dipakai untuk mengompres kemerahan akibat sengatan matahari dan karena Rosacea. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan untuk meredakan ruam serta mengurangi peradangan wajah. 

3. Hindari produk skincare dan kosmetik tertentu

Jika kemerahan akibat salah memakai produk, coba hentikan pemakaian produk tersebut dan hindari skincare serta kosmetik yang mengandung alkohol, kandungan berbahaya, dan parfum.

4. Sunscreen

Sunscreen termasuk cara menghilangkan kemerahan akibat berada di bawah matahari terlalu lama. Cara ini juga mampu mengurangi ruam di wajah dan mencegah kemerahan semakin parah. 

Baca juga : Apakah Sunscreen Bisa Memperbaiki Skin Barrier? Ini Fakta dan Caranya!

5. Timun

Timun bisa mengurangi kemerahan karena ia memiliki kualitas pendinginan yang cukup baik. Dengan efek menenangkan, kemerahan hingga ruam juga bisa berkurang lebih cepat. 

Apakah kemerahan di wajah bisa hilang sendiri?

Jawabannya adalah bisa. Namun jika kemerahan tersebut bukan dikarenakan oleh penyakit tertentu. Misal jika kemerahan terjadi karena terlalu lama berada di bawah matahari. Selang beberapa waktu kulit kamu akan segera kembali pulih. Ada baiknya jika sudah terpapar untuk segera menggunakan skincare dengan kandungan yang menenangkan agar efek kemerahan tersebut bisa segera pulih. 

Itulah cara menghilangkan kemerahan di wajah dengan berbagai penyebabnya. Kamu bisa menyediakan SOS skincare yang bisa menjadi pertolongan pertama ketika kulit iritasi, breakout, kemerahan, dan masalah kulitnya. SOS skincare berupa serum dari LABORÉ telah direkomendasikan oleh skincare guru untuk sedia setiap saat di rumah. Dapatkan serum dan skincare untuk kulit sensitif lain dari LABORÉ di e-commerce kesayangan kamu!

Lihat produk : [NEW] LABORÉ GentleBiome Barrier Repair Serum - Triple Ceramide Complex

Suggested Articles