Back to Previous

Apa Perbedaan Cleanser dan Facial Wash? Cek Sebelum Membeli!

19 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Perbedaan cleanser dan facial wash perlu kamu ketahui sebelum memilihnya karena akan tergantung pada jenis kulit kamu. Cek selengkapnya!

Facial wash dan cleanser seringkali dianggap sebagai produk skincare yang sama. Tahukah kamu kalau ada perbedaan cleanser dan facial wash? Dan perbedaan produk skincare ini akan berpengaruh pada pemilihan produk mana yang tepat untuk kulit wajah kamu. Nah, agar tidak salah pilih, yuk simak penjelasan lengkap mulai apa itu cleanser, facial wash, perbedaan hingga bagaimana cara pakai yang tepat jika ingin dikombinasikan. 

Apa itu Cleanser?

Sebelum masuk ke jawaban apa perbedaan cleanser dan face wash, ada baiknya untuk mengetahui masing-masing produk terlebih dahulu. 

Cleanser adalah produk skincare yang digunakan untuk membersihkan kotoran, make up, sisa kosmetik, polusi, kulit mati, hingga minyak di wajah sehingga kotoran tidak menghalangi pori-pori dan mengurangi kemungkinan munculnya masalah di kulit wajah. Produk ini cukup penting digunakan setelah seharian penuh beraktivitas dan menggunakan make up atau sebatas sunscreen saja. 

Jenis cleanser

Cleanser sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Pemilihan jenis cleanser untuk kulit wajah juga tergantung dari apa jenis kulit kamu sehingga lebih aman digunakan. Berikut merupakan jenis cleanser yang sering digunakan dan jenis kulit yang cocok menggunakannya.

1. Milk cleanser

Milk cleanser adalah jenis cleanser dengan kandungan susu yang bisa mencerahkan wajah dan melembabkan kulit. Cleanser ini terbuat dari emulsi alami dari air dan lemak sehingga bisa membersihkan kulit wajah tanpa mengurangi kelembapan dan minyak alami kulit. Milk cleanser lebih cocok dipakai untuk kulit kering dan untuk pemakaian kosmetik yang ringan.

2. Mild cleanser

Mild cleanser adalah cleanser yang sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat. Cleanser ini tidak memiliki banyak busa (bahkan ada juga yang tidak menghasilkan busa sama sekali) dan tidak juga menggunakan kandungan kimia yang membahayakan kulit. Tentunya cleanser jenis ini sudah disesuaikan agar bisa membersihkan kotoran dengan maksimal tanpa membuat kulit terasa tertarik dan kering. 

Kamu juga bisa membeli produk mild cleanser LABORÉ yang bisa melembabkan secara mendalam dan menyehatkan skin barrier kulit. Tidak hanya bisa digunakan untuk kulit sensitif, berbagai manfaat dari mild cleanser juga cocok untuk jenis kulit lain seperti berminyak, berjerawat maupun kulit kering.

Lihat produk : LABORÉ Mild Cleanser untuk Kulit Sensitif

3. Cleansing balm 

Ketika kamu menggunakan make up, ada baiknya untuk membersihkan dahulu secara hingga bersih. Salah satu yang banyak disarankan yaitu dengan memakai cleansing balm. Cleanser jenis balm ini sejatinya cocok untuk pemilik kulit kering dan tidak disarankan untuk kulit sensitif karena kandungan essential oil yang bisa jadi memicu iritasi pada kulit. 

4. Micellar water

Micellar water adalah jenis cleanser yang cukup umum digunakan di Indonesia. Jenis cleanser ini bisa digunakan semua jenis kulit untuk membersihkan sisa make up. Tetapi, memang pembersihan yang dilakukan bisa jadi tidak sebersih cleansing balm. Cleanser satu ini tidak mempunyai efek eksfoliasi sehingga cukup aman untuk kulit sensitif. Tipsnya, tetap cuci muka setelah memakai micellar water, ya. Agar sisa kotoran dan make up bisa bersih secara optimal.

5. Exfoliating cleanser

Exfoliating cleanser merupakan jenis cleanser yang mampu membersihkan kotoran sekaligus mengangkat kulit mati di wajah. Beberapa exfoliating cleanser sudah diformulasikan agar aman untuk semua jenis kulit, mulai kulit berminyak hingga sensitif sekalipun. Tetapi perlu diingat bahwa kamu tidak bisa menggunakan cleanser ini setiap hari, ya. Sangat disarankan untuk memakai exfoliating cleanser maksimal 3 kali dalam seminggu. 

Baca juga : Cara Double Cleansing yang Benar untuk Kulit Sensitif, Tidak Sulit! 

6. Cleansing foam

Terakhir ada cleansing foam sebagai cleanser yang yang seperti namanya memiliki tekstur busa. Cleanser ini digunakan dengan cara diberi air agar berbusa. Jenis satu ini kurang disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan lebih direkomendasikan untuk kulit normal atau berminyak. Karena tidak jarang pemakaian cleansing foam akan memberikan efek kulit terasa kesat setelah digunakan. 

Apa itu Facial wash?

Facial wash adalah sabun cuci muka yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di kulit wajah. Facial wash sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenis, tetapi setiap facial wash bisa melembapkan dan memberikan efek tenang pada kulit wajah. 

Apa facial wash termasuk cleanser?

Jika ditanya apakah facial wash termasuk cleanser? Bisa jadi. Karena tujuannya sama-sama untuk membersihkan kulit. Namun, memang ada perbedaan di keduanya. Jika dilihat dari definisi cleanser yang artinya adalah pembersih, maka bisa dikatakan bahwa facial wash termasuk dari cleanser. Namun, untuk tujuan pemakaiannya, maka facial wash dan cleanser adalah dua hal yang berbeda. 

Perbedaan Cleanser dan Facial Wash

Perbedaan cleanser dan facial wash yang paling mendasar adalah kegunaannya. Jika cleanser kebanyakan akan berguna untuk membersihkan kotoran dan kosmetik, facial wash akan membantu menyegarkan wajah dan membersihkan sisa-sisa kotoran hingga ke pori-pori. Dengan begitu, kotoran tidak akan menyumbat dan menimbulkan jerawat. 

Tekstur dari cleanser dan facial wash juga berbeda. Jika cleanser lebih banyak berbentuk cream, gel, dan oil yang bisa melembabkan kulit, facial wash lebih sering berbentuk busa atau menghasilkan busa sehingga lembut saat digunakan untuk cuci muka. 

Cara pakai cleanser dan facial wash

Jika ditanya apakah harus menggunakan cleanser dan facial wash secara bersamaan? Jawabannya iya. Karena hasil cleanser tidak akan bersih secara maksimal jika tidak dibarengi dengan facial wash atau mencuci muka, begitupun sebaliknya.

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara pakainya. Apakah facial wash dulu atau cleanser dulu? Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

  1. Lepaskan terlebih dahulu bagian bulu mata jika kamu menggunakannya
  2. Bersihkan wajah menggunakan cleanser terlebih dahulu 
  3. Jika memakai cleansing balm atau oil cleanser, segera gunakan handuk bersih untuk membersihkannya
  4. Cuci muka memakai facial wash, tidak harus menunggu beberapa menit, kamu bisa langsung membilasnya
  5. Keringkan kulit wajah dengan cara ditepuk perlahan menggunakan handuk kering yang bersih

Baca juga : Cara Cuci Muka Kulit Sensitif yang Benar, Aman, dan Bersih


Itu tadi perbedaan cleanser dan facial wash beserta penjelasan lengkapnya. Kini kamu sudah mengerti bahwa keduanya harus digunakan secara bersamaan agar pembersihan yang dilakukan pada kulit kamu bisa lebih optimal. Jangan lupa juga untuk selalu memilih produk yang tepat, terlebih jika kulit kamu adalah kulit sensitif. Kamu bisa mencoba skincare untuk kulit sensitif dari LABORÉ yang aman juga untuk dipakai semua jenis kulit dan sudah bisa dipakai untuk anak-anak. Segera dapatkan produknya di e-commerce kesayangan kamu!

Suggested Articles