Back to Previous

Apakah Kulit Sensitif Boleh Pakai Masker Wajah? Jangan Asal Pakai!

2 December 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Ada banyak masker untuk kulit sensitif yang dipasarkan. Tapi apa semua masker cocok untukmu? Cek tips, cara pakai, dan jenis masker yang aman untuk kulit sensitif kamu!

Masker wajah sering kali menjadi salah satu skincare tambahan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan wajah tertentu. Tapi apakah kulit sensitif boleh pakai masker wajah? Karena tidak jarang saat mengaplikasikan masker di wajah, muncul rasa gatal atau panas yang tidak diharapkan.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu bisa membaca penjelasan berikut ini. Tidak hanya memberikan rekomendasi masker wajah untuk kulit sensitif yang aman, kamu juga bisa menggunakan tips agar tetap aman menggunakan masker untuk pemilik kulit sensitif. Yuk intip penjelasan berikut ini!

Apakah kulit sensitif boleh pakai masker wajah?

Tidak perlu khawatir karena pemilik kulit sensitif boleh memakai masker wajah. Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah apa saja kandungan dalam masker tersebut, cara menggunakan, dan apa manfaat dari masker tersebut. Jika masker wajah yang kamu gunakan tepat, tidak hanya dapat menambah kelembaban di wajah, namun masker tersebut juga bisa meredakan berbagai keluhan yang ada di wajah kamu. Misalnya saja kemerahan, bekas jerawat dan mengecilkan pori.  

Berapa kali maskeran yang diperbolehkan untuk kulit sensitif?

Bagi pemilik kulit sensitif, menggunakan masker yang berguna untuk menghidrasi kulit cukup aman dipakai 2-3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk masker yang bertujuan untuk eksfoliasi disarankan untuk hanya digunakan lebih jarang dari masker sebelumnya, yaitu sekitar 1 kali dalam seminggu saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi pada kulit karena terlalu kering. 

 

Berbagai jenis masker untuk kulit sensitif yang aman

Dari sekian banyak jenis masker yang ada, beberapa jenis berikut ini merupakan masker untuk kulit sensitif yang aman digunakan. Tetap ikuti cara penggunaan yang tepat dan tidak melebihi batas penggunaan yang direkomendasikan, ya

1. Cream mask

Cream mask merupakan salah satu jenis masker yang bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif atau kulit kering sekalipun. Tekstur cream ini aman tidak akan membuat kulit kamu kering. 

2. Gel mask

Sama seperti cream mask, gel mask juga baik untuk kesehatan kulit sensitif kamu. Misalnya saja gel mask yang mempunyai kandungan aloe vera dan mentimun di dalamnya, dapat menenangkan kulit agar lebih lembut dan tetap menghidrasi kulit.

3. Sheet mask

Sheet mask adalah jenis masker yang cukup banyak membantu menambah kelembaban pada kulit setelah kamu memakainya. Para ahli juga menyarankan penggunaan sheet mask yang bertujuan hydrating kulit wajah dengan anti oksidan yang mampu membuat kulit semakin lembut dan lembap. Sheet mask yang bertujuan untuk melembabkan aman untuk dipakai 2-3 kali seminggu untuk kulit sensitif.  

4. Masker exfoliating

Masker exfoliating atau eksfoliasi untuk kulit sensitif bisa membantu untuk membersihkan kulit mati di lapisan teratas kulit wajah. Selain itu, masker ini juga bisa memberikan efek mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah setelah pemakaian yang tepat. 

 

Ingat, gunakan masker eksfoliasi untuk kulit sensitif hanya sekali dalam seminggu saja, ya agar kulit kamu tetap lembab. Karena kulit sensitif cenderung memiliki kulit yang kering, dan eksfoliasi bisa membuatnya semakin kering jika sering digunakan. Jangan lupa juga untuk menggunakan moisturizer setelah eksfoliasi kulit. Moisturizer untuk kulit sensitif sangat penting, agar proses eksfoliasi tidak membuat kulitmu kering. 

 

Baca juga : 5 Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Sensitif dan Kering

Tips agar aman memakai masker kulit sensitif

Penggunaan masker untuk kulit sensitif memang perlu lebih berhati-hati. Gunakan tips dan cara memakai masker kulit sensitif yang aman berikut ini agar mengurangi kemungkinan adanya iritasi setelah menggunakannya. 

Hindari kandungan yang tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif

Masker wajah memang cukup bagus untuk kesehatan kulit kamu. Tetapi ada beberapa kandungan yang justru perlu kamu hindari, seperti kandungan yang mengandung acid tinggi, alkohol, paraben, fragrances atau parfum, essential oils dan pewarna. 

Bersihkan wajah sebelum maskeran

Satu hal yang sering dilewatkan bagi kamu yang ingin maskeran adalah membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan masker. Bahkan jika kamu menggunakan masker setelah menggunakan makeup, disarankan untuk melakukan double cleansing. 

Jangan gunakan masker terlalu lama

Tips selanjutnya adalah pastikan kamu tidak membiarkan masker tersebut terlalu lama. Setidaknya gunakan masker dan biarkan kurang lebih selama 10 menit di wajah kamu, segera bersihkan jika sudah memenuhi durasi tersebut. Dikhawatirkan jika terlalu lama digunakan, justru bisa membuat kulit kamu iritasi. 

Pakai toner setelah memakai masker

Setelah memakai masker sebaiknya memakai apa? Pertanyaan ini yang sering diutarakan ketika selesai maskeran. Sebaiknya, rangkaian perawatan wajah ini ditutup dengan memakai toner. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan ph di wajah. Toner untuk kulit sensitif juga bisa meredakan iritasi di bagian luar kulit dan memperbaiki skin barrier kulit kamu. Selain toner, jangan lupa untuk mengunci kelembapan kulit dengan moisturizer LABORÉ yang 100% aman dan mampu mengurangi sensitifitas kulit kamu, ya. 

Pastikan kamu tidak menggunakan sembarang skincare ketika kulit sedang tidak baik-baik saja. LABORÉ sebagai merk skincare untuk kulit sensitif yang sudah terbukti aman dan teruji di 900 wanita mampu membantu meredakan berbagai permasalahan kulit hingga cocok juga digunakan untuk jenis kulit lainnya. Segera dapatkan produk unggulan kami atau coba mini size rangkaian skincare untuk kulit sensitif untuk mengetahui manfaatnya!

Suggested Articles