Back to Previous

Cara Memakai Toner yang Benar untuk Kulit Sensitif dan Tipsnya!

29 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Bolehkah kulit sensitif memakai toner? Cek jawaban dan cara memakai toner yang benar untuk kulit sensitif di sini!

Toner adalah salah satu jenis produk skincare yang termasuk dalam serangkaian skincare wajib. Tapi, apakah kulit sensitif boleh memakai toner? Dan bagaimana cara memakai toner untuk kulit sensitif yang benar? Karena seperti yang kita tahu bahwa memiliki kulit sensitif artinya kamu perlu berhati-hati dalam penggunaan dan pemilihan produk skincare sebab bukannya bisa membuat kulit kamu glowing, tidak jarang justru bisa membuat kulit breakout dan kering. 

Agar kamu tidak salah tahap dan pemakaian, langsung saja simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini!

Bolehkah kulit sensitif memakai toner?

Pemilik kulit sensitif boleh memakai toner. Dengan catatan kalau toner yang kamu gunakan dan cara pemakaiannya tepat. Toner untuk kulit sensitif sendiri memiliki beberapa kegunaan dan manfaat, seperti untuk membuat kulit tidak kering serta lembab, mengurangi minyak di wajah, dan mengurangi breakout tanpa membuat kulit kamu iritasi.

Hal yang bisa kamu sesuaikan agar pemakaian toner untuk kulit sensitif tetap aman, tidak memicu breakout, dan agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya adalah dengan menyesuaikan intensitas penggunaan, cara memakai, dan pilihan produk toner yang kamu pilih. 

Apakah toner air mawar cocok untuk kulit sensitif?

Salah satu jenis toner yang banyak beredar di masyarakat adalah toner air mawar. Sudah banyak brand yang membuat toner dengan kandungan hasil penyulingan bunga mawar satu ini. Alasannya, karena memang air mawar sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai salah satu produk untuk merawat wajah. 

Tetapi akan jadi pertanyaan apakah toner air mawar cocok untuk kulit sensitif? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa air mawar memiliki anti inflamasi yang mampu menenangkan kulit. Namun, tidak jarang pemilik kulit sensitif justru merasakan hal yang sebaliknya, seperti terasa panas, kering, dan kemerahan. Hal ini bisa disebabkan karena adanya alergi yang disebabkan oleh kandungan bahan alami di dalam skincare.

Tipsnya, kamu bisa mencoba terlebih dahulu dengan dosis yang rendah. Jika secara bertahap tidak terjadi kemerahan dan iritasi, kamu bisa melanjutkan dengan menaikkan dosis sedikit lebih banyak. Jika ternyata terjadi gejala breakout, segera hentikan penggunaannya. 

Baca juga : Ini Perbedaan Toner dan Face Tonic, Serupa Tapi Tak Sama!

Rekomendasi toner untuk kulit sensitif

Sebelum masuk ke cara penggunaan, perhatikan terlebih dahulu produk toner untuk kulit sensitif apa yang akan kamu pilih. Rekomendasi toner bagi pemilik kulit sensitif yang bisa kamu coba adalah LABORÉ Hydration Toner yang merupakan toner pertama untuk kulit sensitif. Dengan kandungan 0% alkohol dan mampu mengurangi kemerahan serta membuat kulit 2x lebih lembab.

Toner ini juga dilengkapi dengan Paraprobiotic yang menyeimbangkan microbiome kulit serta memperkuat skin barrier kamu. Dengan begitu, kulit kamu bisa menjadi lebih sehat. Tidak hanya untuk kulit sensitif, toner LABORÉ juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa dipakai mulai usia anak-anak. 

Lihat produk : LABORE GentleBiome Hydration Toner 100ml 

Cara memakai toner yang benar untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui produknya, yuk simak cara memakai toner yang benar untuk kulit sensitif berikut ini. 

  1. Pastikan kamu sudah membersihkan muka terlebih dahulu menggunakan cleanser dan mencuci muka
  2. Tap tap muka hingga tidak terlalu kering dan masih lembab
  3. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan toner untuk kulit sensitif di wajah
  4. Usap secara merata dan lembut 
  5. Tunggu hingga toner menyerap ke kulit
  6. Kamu bisa melanjutkan ke produk skincare selanjutnya

Kapan waktu yang tepat untuk memakai toner

Sebetulnya cukup disarankan untuk memakai toner pagi dan malam hari mengikuti rangkaian skincare routine kamu. Tetapi, untuk pemilik kulit sensitif, jika setelah kamu memakai toner selama 2x sehari dan tidak muncul iritasi, gatal, dan kemerahan, kamu bisa melanjutkan hal tersebut. 

Namun jika kamu masih ragu, gunakan toner untuk kulit sensitif sekali dalam sehari saja itu sudah cukup memenuhi kebutuhan kulit kamu. Jika dalam beberapa minggu tidak ada gejala breakout yang muncul, kamu bisa coba meningkatkan dosisnya menjadi dua kali per hari.

Baca juga : 5 Produk yang Memperbaiki Skin Barrier & Urutan yang Benar

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara memakai toner yang benar untuk kulit sensitif. Kamu bisa mulai menerapkannya di kehidupan sehari-hari dengan skincare untuk kulit sensitif yang tepat dan aman. Segera dapatkan produk LABORÉ di e-commerce kesayangan kamu!

Suggested Articles