Back to Previous

Kenapa Kulit Kusam Setelah Pakai Sunscreen? Cek Fakta dan Cara Menghindarinya

22 June 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Kenapa setelah pakai sunscreen muka jadi kusam? Ini penyebab, rekomendasi sunscreen, dan cara agar tidak kusam disini!

Memakai sunscreen untuk beraktivitas sehari-hari merupakan hal wajib yang tidak boleh dilewatkan. Tapi pernahkah kamu merasa kenapa kulit kusam setelah pakai sunscreen? Dan bagaimana cara agar wajah tidak kusam setelah pakai sunscreen? Yuk simak dulu penjelasan dan tips yang akan kita bahas berikut ini. Pada akhir artikel kita akan memberikan rekomendasi sunscreen yang tidak membuat wajah kusam dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Kenapa setelah memakai sunscreen kulit menjadi kusam?

Sebetulnya ada banyak alasan kenapa kulit kusam setelah pakai sunscreen. Beberapa di antaranya bisa dikarenakan dari produk yang kamu gunakan dan atau kesalahan dalam penggunaan sunscreen itu sendiri. 

Untuk contoh yang pertama, beberapa produk sunscreen bisa menyebabkan kulit kusam pada penggunanya. Sunscreen yang membuat sebuah lapisan pelindung tidak jarang membuat kulit kusam karena meninggalkan whitecast di wajah. Whitecast muncul dikarenakan kandungan kimia di dalamnya yang tidak bisa menyerap ke dalam kulit.

Efek whitecast sendiri akan semakin tampak jika kulit kamu kusam dan malah membuatnya terlihat keabu-abuan dan semakin kusam. Sebetulnya tidak semua sunscreen demikian dan  ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi whitecast dan tetap mendapatkan manfaat perlindungan dari sunscreen yang ingin kamu gunakan tersebut, kamu bisa membaca selengkapnya pada selanjutnya.

Kemudian pada poin yang kedua adalah cara pemakaian sunscreen yang kurang tepat. Bisa jadi sunscreen yang kamu pakai sudah benar, tetapi bagaimana kamu menggunakan sunscreen tersebutlah yang membuatnya terlihat kusam di wajahmu. Untuk mengurangi kendala tersebut, yuk langsung saja simak penjelasan selanjutnya.

Cara agar wajah tidak kusam saat memakai sunscreen

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat sunscreen tanpa takut khawatir, yuk intip bagaimana cara agar wajah tidak kusam saat memakai sunscreen berikut ini!

1. Gunakan moisturizer terlebih dahulu 

Apakah kamu tau bahwa pakai sunscreen tapi tidak pakai pelembab terlebih dahulu ternyata akan mempengaruhi cara kerja sunscreen itu sendiri. Untuk meminimalisir kusam setelah pakai sunscreen, ada baiknya untuk selalu menggunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum memakai sunscreen. Kulit yang lembab akan membantu penyerapan sunscreen lebih optimal dan sebaliknya kulit kering akan sulit untuk menyerapnya. Tidak hanya itu, kamu bisa membaca fakta lain kenapa moisturizer penting sebelum pemakaian sunscreen pada artikel berikut : Pakai Sunscreen tapi Tidak Pakai Pelembab? Cek Fakta dan Cara Pakainya Disini!

2. Pakai sunscreen sesuai takaran

Para ahli menyarankan untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari dalam satu kali pemakaian. Contohnya seperti setelah menggunakan skincare di pagi hari dan akan memulai aktivitas, akhiri proses skincare dengan pemakaian sunscreen sebanyak dua ruas jari. Takaran tersebut disarankan agar mampu melindungi semua bagian wajah dengan sunscreen. 

3. Aplikasikan secara bertahap 

Selain takaran yang pas, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara mengaplikasikan sunscreen tersebut agar tidak terlihat kusam setelah memakainya. Tidak sedikit orang yang langsung mengaplikasikan sunscreen dan dioles ke bagian wajah dari takaran dua ruas jari tersebut.

Tetapi, tips agar tidak kusam setelah pakai sunscreen yang benar adalah dengan cara mengaplikasikannya secara bertahap. Kamu bisa mengaplikasikan sedikit demi sedikit hingga membentuk layer atau dengan metode layering. Dengan begitu, sunscreen tersebut akan tetap melindungi wajah serta minim whitecast.

4. Gunakan metode tapping

Pastikan saat memakai sunscreen, selain memakai secara layering, disarankan juga untuk menggunakan sunscreen dengan metode tapping. Metode tapping akan membantu proses penyerapan sunscreen akan lebih cepat dan mudah menyatu dengan lapisan kulit. Oles sunscreen ke seluruh bagian wajah dan leher, kemudian tap tap secara lembut beberapa saat hingga terasa cukup menyerap.

5. Beri jeda agar sunscreen bekerja maksimal

Jika cara pakai sunscreen telah benar, biarkan beberapa waktu sebelum kamu menggunakan kosmetik. Tidak perlu terlalu lama, biarkan sekitar 3-5 menit lalu kamu bisa memakai dasar kosmetik seperti bedak atau foundation. Pemakaian sunscreen yang dibarengi langsung dengan dasar kosmetik bertekstur cair tidak jarang akan memberikan efek tekstur yang kurang baik. Jadi, pastikan sunscreen tersebut telah menyerap terlebih dahulu, ya.

6. Pilih sunscreen yang tepat dan minim whitecast

Pemilihan sunscreen yang tepat memiliki peran yang cukup besar untuk mengurangi kusam setelah memakai sunscreen. So, pastikan kamu memilih sunscreen yang minim whitecast, ya. Seperti sunscreen LABORÉ yang terbukti memiliki minim whitecast serta aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Tidak hanya itu, sunscreen satu ini juga bisa membantu memperbaiki skin barrier kulit agar lebih sehat, sebagai salah satu kunci agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari skincare yang selama ini kamu gunakan. Skin barrier yang sehat bisa memberi banyak manfaat pada kulit kamu, seperti mengurangi kusam di wajah, kulit kering dan kulit dehidrasi. 

Kamu bisa cek produk sunscreen LABORÉ di e-commerce kesayangan kamu atau cek produk dengan klik halaman ini, ya. Semoga bermanfaat!

Lihat produk : LABORE BiomeProtect Physical Sunscreen

Baca juga : 

Suggested Articles