Back to Previous

Apakah Kulit Berjerawat Boleh Memakai Sunscreen? Cek Selengkapnya

18 February 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Jika kulit kamu berjerawat, cek cara menggunakan sunscreen untuk kulit berjerawat dan manfaatnya berikut ini!

Kulit berjerawat membuat pemiliknya perlu memperhatikan bagaimana metode dan produk apa saja yang ia gunakan, termasuk sunscreen. Jika salah pilih, tidak jarang memakai sunscreen malah timbul jerawat baru atau memperparah kondisi jerawat saat ini. Tapi, apakah kulit berjerawat boleh memakai sunscreen? Bagaimana cara memilih dan menggunakan sunscreen yang benar untuk kulit berjerawat? Agar kamu tidak salah memahami, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Sunscreen untuk kulit berjerawat

Kita pasti sudah mengerti jika sunscreen sangatlah penting digunakan untuk kegiatan sehari-hari, meskipun kamu hanya sering beraktivitas di dalam ruangan saja. Beberapa manfaat sunscreen yang sangat berpengaruh pada kulit di antaranya 

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV
  2. Mencegah kulit tidak mudah kusam
  3. Pada beberapa produk sunscreen juga terkandung parabiotic yang bisa memperbaiki skin barrier kulit kamu
  4. Membuat tidak kering karena paparan sinar matahari

Lalu muncul pertanyaan, apakah sunscreen bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya? Penggunaan sunscreen tidak semerta-merta akan langsung bisa menghilangkan jerawat dan memudarkan bekasnya. Tentu perlu dibarengi dengan pemakaian produk skincare lain dan rutinitas serta cara yang tepat dalam penggunaannya.

Apakah kulit berjerawat boleh memakai sunscreen

Dari penjelasan sebelumnya, apapun kulit wajah kamu, berminyak, sensitif, maupun berjerawat, penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan. Bagi pemilik kulit wajah berjerawat, penggunaan sunscreen bisa mencegah sunburn yang dapat membuat kulit kering. Ketika kulit kering, produksi minyak pada wajah akan meningkat. Minyak yang menumpuk inilah yang bisa memicu munculnya jerawat baru dan memperparah kondisi wajah kamu. 

Berapa SPF yang digunakan untuk kulit berjerawat

Salah satu bagian yang diperhatikan saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat yang tepat adalah besar SPF-nya. Lalu, untuk kulit berjerawat menggunakan sunscreen SPF berapa? Kebanyakan produk yang beredar menggunakan SPF 30, SPF 45, SPF 50, SPF 60 atau bahkan ada yang lebih. Sunscreen yang direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat kurang lebih di antara SPF 30 hingga SPF 50. Penggunaan sunscreen dengan SPF 45 sudah bisa mencukupi kebutuhan perlindungan sehari-hari. SPF ini tidak akan menyumbat pori atau memicu breakout jika kamu melakukan cleansing saat malam hari. 

Baca juga : Apakah Boleh Memakai Bedak Setelah Memakai Sunscreen? Ini Jawabannya!

Kenapa pakai sunscreen malah timbul jerawat?

Jika memang sunscreen wajib untuk kulit berjerawat, lalu kenapa pakai sunscreen malah timbul jerawat bagi beberapa orang? Ini hal yang perlu diluruskan. Produk sunscreen itu sendiri tidak menimbulkan jerawat. Namun, kandungan tertentu yang ditambahkan pada sunscreen-lah yang bisa memicu tersumbatnya pori serta membuat iritasi kulit (terlebih bagi pemilik kulit sensitif). 

Karena itulah penting untuk memahami produk sunscreen yang kamu beli secara lebih detail. Jangan khawatir, kamu bisa membaca rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat yang aman pada bagian akhir artikel. 

Cara pakai sunscreen yang benar untuk kulit berjerawat

Cara pakai sunscreen yang benar untuk kulit berjerawat bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya breakout. Untuk itu, kenali langkah-langkah menggunakan sunscreen untuk kulit berjerawat berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah membersihkan wajah terlebih dahulu
  2. Jangan lupa untuk menggunakan rangkaian skincare lain secara bertahap seperti toner, serum, dan moisturizer
  3. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan sunscreen sebanyak dua garis yang bisa diukur menggunakan dua ruas jari (telunjuk dan jari tengah).
  4. Gunakan secara merata dan secukupnya
  5. Beri waktu 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan agar sunscreen dapat menyerap dengan sempurna ke lapisan kulit
  6. Reapply sunscreen setiap dua jam sekali atau sesuaikan dengan kegiataan kamu
  7. Jika kamu akan segera tidur atau telah selesai menjalani hari, jangan lewatkan skincare rutin malam, cleansing, dan cuci muka setelah seharian beraktivitas.

Lihat panduan : Sunscreen Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Fakta dan Tipsnya

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat

Selain memperhatikan bagaimana cara memakai sunscreen yang benar untuk kulit berjerawat, kamu bisa memilih produk yang tepat agar hasilnya optimal. Rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat dari LABORÉ bisa digunakan secara aman karena sudah terbukti non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan membuat muncul jerawat. Selain itu, physical sunscreen LABORÉ mampu Broad Spectrum Protection yang melindungi kulit dari UV A, UV B, blue light bahkan polusi dari sinar matahari. 

Lihat produk : LABORÉ - Physical Sunscreen

Sekarang kamu sudah mengetahui apakah kulit berjerawat boleh memakai sunscreen atau tidak hingga bagaimana cara menggunakan sunscreen yang benar untuk sehari-hari. Yuk mulai kenali produk skincare yang kamu gunakan dari sekarang agar hasil yang didapat optimal dan tidak membuat kondisi kulit dan jerawat kamu memburuk. Semoga bermanfaat!

Baca juga : 

- Apa Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Berjerawat? Ini Cirinya!

- 8 Kandungan yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat, Wajib Tahu!

Suggested Articles