Back to Previous

Apa Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Berjerawat? Ini Cirinya!

30 January 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Sudah tau apa perbedaan kulit sensitif dan kulit berjerawat? Sering dikira sama, berikut adalah perbedaan kulit sensitif dan kulit berjerawat. Wajib tahu!

Tahukah kamu apa perbedaan kulit sensitif dan kulit berjerawat? Atau jangan-jangan selama ini kamu mengira bahwa kulit sensitif dan kulit berjerawat itu merupakan dua hal yang sama?

Sebelumnya, perlu diketahui dulu bahwa kulit sensitif itu tidak sama dengan kulit berjerawat. Memahami perbedaan kulit sensitif dan kulit berjerawat ini pada dasarnya penting agar tidak salah dalam menanganinya.

Nah kalau kamu masih bingung apa perbedaan kulit sensitif dan berjerawat, pastikan untuk menyimak artikel berikut hingga akhir, ya!

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Pertama-tama, mari kita ketahui terlebih dahulu bagaimanakah ciri-ciri kulit sensitif. Adapun beberapa gejala yang biasa dialami oleh pemilik kulit sensitif, yaitu:

1. Kulit kering

Secara sederhana, kulit akan disebut kering apabila kelembapannya terganggu. Jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan tepat, hal ini akan mengakibatkan munculnya efek bersisik yang terasa gatal dan kusam.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa tidak semua pemilik kulit kering itu sudah pasti kulit sensitif, ya.

2. Sering mengelupas

Dalam beberapa kasus, ciri kulit sensitif juga dapat ditandai dengan ada pengelupasan kulit secara berlebih. Adapun beberapa penyebabnya adalah over exfoliating yang menyebabkan menurunnya kelembapan kulit sehingga serpihan kulit pun timbul.

3. Reaktif

Selanjutnya, ciri kulit sensitif juga dapat ditandai dengan munculnya gejala secara tiba-tiba setelah terpapar faktor tertentu. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai hal seperti parfum yang mengenai area kulit, paparan udara dingin, sinar matahari, hingga skincare yang baru dibeli.

4. Mudah gatal

Apabila kamu sering merasakan gatal dan sensai tertarik pada kulit, maka besar kemungkinan bahwa kamu memiliki kulit sensitif.

Reaksi ini dapat diakibatkan oleh kandungan skincare yang terlalu keras atau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Di samping itu, sensasi gatal ini juga dapat dipicu oleh cuaca dingin ataupun panas yang ekstrem.

Jika kamu mengalami kondisi kulit seperti ini, usahakan jangan menggaruk agar iritasi kulit tidak semakin parah.

5. Timbul kemerahan

Selama ini, kulit kemerahan sering diidentikkan dengan kulit sensitif. Hal ini wajar mengingat gejala yang ditimbulkan pemilik kulit sensitif memang berupa benjolan dan ruam kemerahan.

Kemudian, perlu diketahui pula bahwa pada dasarnya, kemerahan yang muncul ini sebenarnya dapat menghilang setelah iritasinya diberi penanganan secara tepat.

Lihat panduan : 5 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah yang Efektif & Penyebabnya

6. Terasa perih dan terbakar

Berikutnya, pemilik kulit sensitif biasanya juga akan merasakan sensasi perih dan terbakar, terutama saat membersihkan wajah.

Pada umumnya, kondisi ini dipicu oleh penggunaan skincare yang mengandung alkohol dan zat eksfoliatif.

7. Rentan berjerawat

Ciri terakhir dari kondisi kulit sensitif adalah rentan berjerawat. Nah biasanya, jerawat yang timbul pada kulit sensitif ini ditandai dengan benjolan merah dan pustula, yaitu benjolan yang mengandung nanah.

Apakah Kulit Berjerawat itu Sensitif?

Lantas, apakah kulit berjerawat itu sensitif? Meski terdapat beberapa kesamaan antara keduanya, pada dasarnya kulit sensitif dan kulit berjerawat adalah dua kondisi yang berbeda.

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang cenderung mudah merah dan iritasi. Di samping itu, pemilik kulit sensitif juga akan mudah merasa kering, gatal, dan terbakar.

Kondisi kulit sensitif ini sendiri biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti iritasi, alergi, kelainan pada kulit, ataupun ketidakcocokan terhadap produk tertentu. Dengan kata lain, kulit sensitif membutuhkan perawatan yang khusus.

Sementara itu, kulit berjerawat merupakan salah satu masalah kulit, bukan jenis kulit seperti halnya kulit sensitif.

Namun, benar adanya memang bahwa sensitivitas kulit dapat ditunjukkan dari intensitas seringnya muncul jerawat. Meski demikian, kulit berjerawat itu tidak sama dengan kulit sensitif, ya.

Produk Apa yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat?

Sampai di sini, mungkin kamu penasaran, sebenarnya produk seperti apakah yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat?

Pada dasarnya, baik kulit sensitif ataupun berjerawat, disarankan untuk memakai rangkaian skincare dengan kandungan gentle yang tidak mengandung bahan-bahan keras yang dapat mengiritasi kulit seperti alkohol, pewangi, dan paraben.

Adapun salah satu skincare yang direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat adalah LABORÉ.

Rangkaian produk skincare dari LABORÉ menggunakan bahan-bahan dermatologis yang telah teruji secara klinis sehingga cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu coba.

1. Cleanser

Untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran yang menempel, kamu dapat mencoba LABORÉ Mild Cleanser. LABORÉ Mild Cleanser merupakan pembersih wajah yang diformulasikan khusus dengan tekstur gel non-soap, non-foam, non SLS/SLES formula dan pH 5.5 sehingga aman serta tidak akan membuat kulit terasa kulit atau tertarik.

Lihat produk : LABORÉ Mild Cleanser

2. Toner

Kemudian untuk mengembalikan pH kulit dan mempersiapkannya menerima rangkaian skincare setelahnya, gunakan LABORÉ Hydration Toner dengan tekstur rich liquid, pH 5.5, dan non alkohol yang cepat meresap serta ringan di kulit.

Toner ini diformulasikan khusus untuk mengurangi kemerahan serta mengandung Microbiome Technology dan Allantoin yang dapat menenangkan kulit agar siap menyerap rangkaian produk skincare lainnya.

Lihat produk : LABORE GentleBiome Hydration Toner

3. Moisturizer

Selanjutnya, untuk menjaga kelembapan kulit, ada dua produk LABORÉ yang bisa kamu coba, yaitu LABORÉ Barrier Revive Cream dan LABORÉ Skin Nutrition Gel.

Kedua produk moisturizer dari LABORÉ ini telah teruji mampu menghidrasi kulit sekaligus memberikan rasa sejuk di kulit saat digunakan.

Selain itu, keduanya dapat membantu menjaga keseimbangan skin microbiome sehingga mampu memperkuat dan memperbaiki skin barrier serta membuat kulit tampak lebih sehat.

4. Sunscreen

Terakhir, untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari ada LABORÉ Physical Sunscreen SPF 45 PA +++ dengan Broad Spectrum Protection yang efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas.

Perlu diketahui, bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan physical sunscreen lebih direkomendasikan daripada chemical sunscreen. Oleh karena itu, LABORÉ Physical Sunscreen SPF 45 PA +++ adalah pilihan yang tepat untuk kamu coba.

Lihat produk : LABORÉ Physical Sunscreen

Itulah penjelasan lengkap seputar perbedaan kulit sensitif dan berjerawat. Sekarang, kamu sudah tidak perlu bingung lagi kan untuk membedakan keduanya?

Pada intinya, baik kulit sensitif maupun berjerawat, harus tetap mendapatkan penanganan secara tepat. Dalam hal ini, percayakan rangkaian skincare untuk kulit sensitif pilihanmu pada LABORÉ. Yuk segera dapatkan produk LABORÉ di marketplace kesayanganmu sekarang juga!

Baca juga : 

Suggested Articles