Back to Previous

Fragrance untuk Wajah, Apakah Aman? Begini Penjelasannya

7 May 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Fragrance atau pewangi adalah bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, termasuk produk untuk wajah, untuk memberikan aroma yang menyenangkan. Namun, penggunaan fragrance untuk wajah memiliki pro dan kontra, tergantung pada jenis kulit dan tingkat sensitivitas kulit setiap orang.

Lantas sebetulnya, bagaimana fakta seputar fragrance untuk wajah? Mari simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Manfaat Fragrance untuk Wajah

Meski sebagian orang menganggap berbahaya, sebetulnya ada beberapa manfaat fragrance untuk wajah yang lebih dalam dari sekedar memberikan aroma wangi, antara lain yaitu:

1. Menetralisir Aroma dari Kandungan Lain

Salah satu manfaat fragrance untuk wajah adalah kemampuannya untuk menetralisir aroma dari bahan-bahan lain yang mungkin memiliki bau tidak sedap. Perlu diketahui, beberapa bahan aktif dalam produk perawatan kulit mungkin memiliki bau yang kurang menyenangkan, seperti bau obat atau bau kimia. 

Dengan adanya fragrance, aroma tidak sedap ini dapat disamarkan atau dihilangkan sepenuhnya, sehingga produk terasa lebih menyenangkan saat digunakan.

2. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Berikutnya, fragrance juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan produk perawatan wajah. Aroma yang menyenangkan dapat menciptakan sensasi yang menyegarkan dan meningkatkan mood seseorang selama rutinitas perawatan kulit.

Lebih lanjut, penggunaan produk dengan aroma yang disukai juga dapat memberikan pengalaman yang lebih positif dan membuat rutinitas perawatan kulit menjadi lebih menyenangkan.

3. Menambahkan Manfaat Tertentu

Beberapa jenis fragrance dalam produk perawatan wajah ternyata juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk kulit. Misalnya, beberapa aroma tertentu seperti lavender atau chamomile memiliki sifat relaksasi yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur. 

Selain itu, aroma jeruk atau lemon dapat memberikan efek segar dan meningkatkan mood. Dengan demikian, fragrance tidak hanya memberikan aroma yang menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan kulit.

Bahaya Fragrance untuk Wajah

Walau dapat memberikan pengalaman sensorik yang menyenangkan bagi sebagian orang, tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan fragrance untuk wajah juga dapat memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan kulit. Secara umum, berikut adalah beberapa bahaya fragrance untuk wajah yang bisa dipertimbangkan:

1. Alergi

Salah satu bahaya utama penggunaan fragrance untuk wajah adalah risiko terjadinya reaksi alergi. Fragrance mengandung campuran berbagai senyawa kimia yang bisa menjadi pemicu alergi pada beberapa individu. 

Lebih lanjut, reaksi alergi dapat menyebabkan kulit menjadi merah, gatal-gatal, bengkak, atau bahkan timbul ruam. Kondisi ini merupakan masalah serius yang perlu diperhatikan, terutama bagi individu yang memiliki riwayat alergi atau kulit sensitif.

2. Asma

Beberapa zat kimia dalam fragrance diketahui dapat menjadi pemicu serangan asma pada individu yang rentan terhadap kondisi tersebut. Hal ini bisa terjadi akibat paparan terus-menerus terhadap fragrance yang menguap dari produk perawatan wajah dapat memperburuk gejala asma atau bahkan memicu serangan asma yang parah.

Baca juga: Berapa Kali Cuci Muka untuk Kulit Sensitif? Ini Saran Terbaiknya!

3. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah reaksi kulit yang dapat terjadi akibat paparan langsung terhadap bahan iritan atau alergen. Sehubungan dengan itu, fragrance adalah salah satu penyebab umum dari dermatitis kontak pada wajah. 

Dalam hal ini, kulit penderita mungkin akan mengalami radang, kemerahan, gatal, atau bahkan terasa terbakar setelah terpapar fragrance, terutama bagi mereka yang memiliki sensitivitas kulit cukup tinggi.

4. Iritasi Kulit

Selanjutnya, fragrance juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama jika terjadi kontak langsung dengan kulit yang sensitif. Reaksi iritasi kulit ini dapat berupa kemerahan, rasa terbakar, dan kulit yang terasa kasar atau kering. Iritasi ini bisa menjadi sangat mengganggu serta memengaruhi kenyamanan dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

5. Kulit Menjadi Sensitif

Penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung fragrance secara berulang-ulang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan zat-zat kimia lainnya. Dengan demikian, kulit menjadi lebih rentan akan reaksi negatif terhadap bahan-bahan aktif atau bahan tambahan lainnya dalam produk perawatan wajah.

6. Memicu Kanker Kulit

Beberapa zat kimia yang digunakan dalam fragrance, terutama zat-zat sintetis, diketahui berkaitan dengan peningkatan risiko kanker kulit. Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, risiko ini mungkin terjadi akibat paparan terus-menerus terhadap bahan kimia beracun yang bisa merusak DNA sel kulit dan menyebabkan mutasi penyebab pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Masalah Infertilitas

Potensi bahaya fragrance untuk wajah yang terakhir adalah masalah infertilitas, terutama pada wanita. Hal ini bisa terjadi karena paparan terus-menerus terhadap senyawa-senyawa dalam fragrance dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh dan memengaruhi fungsi sistem reproduksi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah infertilitas.

Itu dia penjelasan lengkap seputar manfaat dan bahaya fragrance untuk wajah. Untuk mengurangi risiko terkena bahaya penggunaan fragrance, sebaiknya pilihlah produk perawatan wajah yang bebas fragrance atau hypoallergenic. Produk-produk ini dirancang khusus untuk kulit sensitif dan cenderung lebih lembut dan aman untuk digunakan. 

Dengan memilih skincare fragrance-free, kamu dapat menghindari potensi masalah kulit yang diakibatkan oleh fragrance, seperti iritasi, alergi, atau reaksi negatif lainnya. Lebih dari itu, produk skincare hypoallergenic juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk memicu reaksi negatif pada kulit sensitif.

Nah, salah satu merek skincare yang dapat kamu pertimbangkan adalah LABORÉ. Mengapa demikian? Sebab, LABORÉ memahami bahwa setiap kulit memiliki keunikan dan kebutuhan spesifiknya sendiri, terutama kulit sensitif. 

Karena itu, LABORÉ hadir sebagai solusi untuk kulit sensitif dengan formula microbiome yang dirancang khusus dan diuji untuk kulit tropis yang sensitif. Sebagai produk yang hadir untuk memberikan solusi bagi kulit sensitif, LABORÉ telah diuji secara klinis pada panelis dengan kulit sensitif. 

Formula microbiome LABORÉ, yang berasal dari Eropa, dirancang khusus untuk kulit tropis yang cenderung lebih berminyak. Tak hanya itu, formula LABORÉ juga telah melalui perjalanan panjang, salah satunya yaitu pengujian klinis kepada 900 wanita Indonesia dengan kulit sensitif sehingga terbukti cocok untuk kulit sensitif. 

Di samping itu, teknologi microbiome LABORÉ juga merupakan pelopor dalam penggunaan Paraprobiotik, Postbiotik, dan Prebiotik. Ketiga komponen dari microbiome ini terdapat dalam rangkaian produk LABORÉ, yang secara komprehensif memberikan tiga langkah penting dari Teknologi Microbiome™ dalam merawat kulit sensitif.

Dengan demikian, menggunakan rangkaian produk skincare dari LABORÉ tidak hanya memberikan perlindungan yang efektif bagi kulit sensitif, tetapi juga memberikan perawatan yang mendalam untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bagaimana, menarik bukan? Oleh karena itu, percayakan seluruh rangkaian skincare untuk kulit sensitif hanya kepada LABORÉ. Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan seluruh produk LABORÉ secara mudah di marketplace kesayanganmu.

Baca juga: Kandungan yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan pada Skincare Routine

Suggested Articles