Back to Previous

Kapan Waktu Pakai Sunscreen yang Benar? Ini Rekomendasinya!

7 May 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Pemakaian sunscreen merupakan hal penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk penuaan dini, hiperpigmentasi, kerusakan kulit, dan bahkan kanker kulit. Namun, kamu mungkin penasaran harus pake sunscreen kapan aja.

Pada dasarnya, waktu penggunaan sunscreen sangat bergantung pada aktivitas yang dilakukan, kondisi cuaca, dan juga lingkungan sekitar. Mari simak penjelasan lengkap tentang waktu pake sunscreen kapan aja di bawah ini.

Pake Sunscreen Kapan Aja? Ini Jawabannya

Penggunaan sunscreen adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari yang bertujuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, sering kali banyak orang bertanya-tanya, “pake sunscreen kapan aja?”, “kapan waktu pakai sunscreen?” dan pertanyaan lain yang sejenis.

Secara umum, berikut adalah beberapa situasi di mana penggunaan sunscreen sangat dianjurkan:

1. Setiap Pagi

Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, salah satu waktu terpenting untuk menggunakan sunscreen adalah setiap pagi. Meskipun kamu mungkin tidak berencana untuk keluar rumah atau terpapar sinar matahari secara langsung, penggunaan sunscreen di pagi hari akan sangat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Hal ini penting mengingat sinar UV dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, cahaya dari lampu dan peralatan elektronik dapat menyebabkan kerusakan kulit jika tidak dilindungi dengan sunscreen. Oleh karenanya, mengaplikasikan sunscreen setiap pagi dapat membantu memastikan kulit terlindungi sepanjang hari.

2. Saat Berada di Luar Ruangan

Kapan pun kamu berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, seperti berjalan-jalan, berolahraga, atau berlibur, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen. Pasalnya, paparan sinar matahari di luar ruangan dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius, termasuk penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit. 

Dalam hal ini, gunakanlah sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan dan aplikasikan secara merata di seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari sebelum keluar rumah.

3. Saat Berkendara atau Berada di dalam Kendaraan

Meskipun banyak orang mungkin berpikir bahwa berada di dalam mobil atau kendaraan lainnya akan aman dari paparan sinar matahari, sayangnya hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Sebab, sinar UV ternyata dapat menembus kaca kendaraan dan menyebabkan kerusakan kulit, terutama pada bagian wajah dan tangan yang terpapar langsung.

Maka dari itu, penggunaan sunscreen selama berkendara sangat disarankan, terutama jika kamu sering melakukan perjalanan jarak jauh atau menghabiskan banyak waktu di dalam mobil. Kemudian, sebaiknya pilihlah sunscreen yang tahan air dan memiliki perlindungan UVB dan UVA untuk melindungi kulit sepenuhnya.

Baca juga: Sunscreen Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Fakta dan Tipsnya

4. Saat Berada di Tempat yang Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat terjadi di mana pun kamu berada, terutama di tempat-tempat yang terbuka dan terpapar langsung oleh sinar UV. Hal ini bisa termasuk saat kamu berada di taman, lapangan, atau bahkan hanya berjalan-jalan di trotoar. 

Perlu diketahui, sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan dalam waktu yang singkat. Lebih lanjut, paparan langsung terhadap sinar matahari meningkatkan risiko kerusakan kulit, termasuk sunburn, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen saat berada di tempat yang terpapar sinar matahari.

5. Saat Beraktivitas di Air atau di Pantai

Kegiatan di air, seperti berenang, berlayar, atau berjemur di pantai, diketahui berpotensi meningkatkan risiko kerusakan kulit karena air dan pasir dapat memantulkan sinar UV secara efektif. 

Itulah mengapa, penggunaan sunscreen yang tahan air menjadi sangat penting dalam situasi ini untuk melindungi kulit saat beraktivitas di air atau di pantai. Pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi dan mengaplikasikannya secara merata di seluruh tubuh, terutama pada area yang rentan terpapar sinar matahari.

6. Saat Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Bahan Kimia

Beberapa produk perawatan kulit, seperti peeling kimia, retinol, atau produk dengan kandungan asam alpha-hydroxy (AHA) atau beta-hydroxy (BHA), diketahui dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan meningkatkan risiko terbakar atau kerusakan kulit. 

Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia tersebut.

Nah sekarang, sudah tahu kan harus pake sunscreen kapan aja? Selain memperhatikan situasi-situasi di atas, pastikan untuk selalu untuk menggunakan sunscreen secara konsisten setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. 

Pasalnya, seperti yang telah disinggung, paparan sinar UV dapat terjadi bahkan pada saat cuaca mendung, di mana efek akumulatif dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang. 

Dalam hal ini, pastikan juga untuk memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit dan memiliki SPF yang cukup tinggi. Selain itu, pilihlah sunscreen yang nyaman digunakan, tidak menyebabkan kulit terasa lengket atau berminyak, dan tidak menyumbat pori-pori. 

Nah, salah satu produk sunscreen yang bisa kamu andalkan adalah LABORÉ Biome Protect TM Physical Sunscreen SPF 45 PA +++. Diformulasikan dengan 100% mineral UV filter Zinc Oxide & Titanium Oxide, LABORÉ Physical Sunscreen merupakan pilihan terbaik untuk kulit sensitif tropis dibandingkan dengan tabir surya kimia. 

Dilengkapi dengan Microbiome Technology TM dan Broad Spectrum Protection, LABORÉ Physical Sunscreen juga efektif untuk melindungi kulit dari berbagai bahaya sinar UV, termasuk UVA, UVB, serta sinar biru, serta kerusakan akibat radikal bebas akibat polusi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup aplikasikan pada wajah secara merata sebelum kulit akan terpapar sinar matahari. Sunscreen ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan risiko timbulnya iritasi atau reaksi negatif lainnya.

Selain itu, formula LABORÉ Physical Sunscreen juga telah dirancang khusus agar tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi iritasi, sehingga cocok digunakan oleh semua orang, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Jadi, nggak perlu ragu lagi. Proteksi kulitmu dari paparan sinar matahari sekarang juga dengan LABORÉ Physical Sunscreen!

Baca juga: Ciri-ciri Tidak Cocok Sunscreen dan Cara Mengetahuinya

Suggested Articles