Back to Previous

Pakai Toner Ditepuk atau Diusap? Ini Cara Memakai Toner yang Benar!

18 May 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Tahukah kamu cara pakai toner bisa berpengaruh akan manfaatnya. Yuk cek cara memakai toner yang benar, ditepuk atau diusap ya?

Toner adalah salah satu skincare yang memiliki banyak manfaat pada kulit wajah. Beberapa diantaranya adalah membantu membersihkan kulit dari residu yang tersisa setelah menggunakan cleanser, mempersiapkan kulit agar “siap” menyerap skincare lain, memudarkan jerawat, mencerahkan wajah, hingga menyehatkan skin barrier. Manfaat-manfaat tersebut tentu bisa kamu dapatkan ketika kamu menerapkan cara memakai toner yang benar. Lalu, cara memakai toner ditepuk atau diusap? Manakah yang benar? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apakah boleh memakai skincare tanpa toner?

Sangat disarankan untuk tidak melewati penggunaan toner pada rangkaian skincare. Mengapa? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat toner cukup berguna untuk kulit. Tapi bagaimana jika kita memakai skincare tanpa toner? 

Hal yang terjadi adalah kulit kamu masih akan tersisa residu dari kosmetik dan kotoran lain yang tidak terbersihkan toner. Selain itu, tidak menggunakan toner juga akan menyebabkan ph kulit tidak seimbang sehingga bisa menyebabkan produksi minyak berlebih. Mungkin pada beberapa kondisi kamu bisa menggunakan toner pada skincare pagi atau malam saja, atau bahkan tidak menggunakannya. Tapi kamu akan melewatkan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dan membuat skincare yang lain tidak bekerja secara optimal. 

Waktu yang tepat untuk pakai toner

Dalam satu hari, disarankan untuk menggunakan toner dua kali sehari atau minimal satu kali sehari. Terkait dengan hal tersebut, apakah boleh memakai toner di malam hari? Jawabannya adalah boleh ketika kamu melakukan night skincare routine setelah beraktivitas seharian. Sedangkan untuk tahapannya, penggunaan toner digunakan setelah cleanser. Untuk cara memakai toner yang benar dan langkah-langkahnya, kamu bisa baca pada poin selanjutnya. 

Baca juga : Ini Perbedaan Toner dan Face Tonic, Serupa Tapi Tak Sama!

Cara memakai toner yang benar

Sebetulnya ada dua cara memakai toner yang benar untuk semua jenis kulit, yaitu menggunakan kapas atau pad dan tanpa menggunakan keduanya, hanya dengan media tangan. Jika kamu bertanya apa boleh pakai toner tanpa kapas? Boleh asalkan kamu sudah membersihkan kedua telapak tangan terlebih dahulu agar memastikan bahwa toner yang diusapkan tidak bercampur dengan kotoran atau debu. 

Yuk langsung saja kenali cara memakai toner yang benar dengan tangan maupun dengan kapas berikut ini. 

Cara menggunakan toner dengan tangan

Untuk cara yang pertama ini, kamu bisa mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih. Lalu, teteskan toner sesuai dengan takaran yang tertera di bagian packaging toner. Kemudian gosok perlahan di tangan dan usapkan di seluruh wajah. Tap tap dengan lembut terutama pada lipatan seperti bagian hidung, antara hidung dan bibir, serta hindari area mata.  

Cara menggunakan toner dengan kapas

Selanjutnya untuk cara menggunakan toner dengan kapas yang benar, kamu bisa menggunakan kapas atau pad apapun. Kemudian teteskan toner secukupnya pada bagian permukaan. Ada beberapa tips agar kamu bisa lebih berhemat toner, salah satunya dengan cara menyimpan kapas dan toner di dalam wadah yang bersih. Biarkan toner meresap pada kapas. 

Atau kamu juga bisa membasahi kapas terlebih dahulu lalu diperas. Kemudian barulah kamu bisa meneteskan toner ke kapas tersebut. Gunanya adalah untuk menjaga agar toner yang digunakan tidak terlalu boros dan teraplikasikan dengan baik ketika diusapkan di kulit wajah. 

Memakai toner lebih baik ditepuk atau diusap?

Hal ini kembali lagi dengan apa tujuan kamu menggunakannya. Untuk pemakaian toner  menggunakan kapas, maka kotoran dan minyak berlebih akan terangkat dengan cara lebih mudah jika dibandingkan menggunakan tangan. Cara menggunakan toner dengan kapas ini cocok untuk pemilik kulit berminyak hingga kulit kombinasi. Ingat ya, diusap bukan digosok. Menggosok kulit wajah kurang disarankan karena bisa melukai lapisan kulit. 

Sedangkan untuk penggunaan toner menggunakan tangan, kamu akan mendapatkan manfaat yang baik dalam membantu melembabkan kulit. Metode tapping yang diterapkan ketika memakai toner dengan tangan akan membantu toner lebih mudah meresap dan membuat kulit lebih lembab. Cara memakai toner dengan tangan ini disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

Lihat rekomendasi : 5 Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Sensitif dan Kering

Nah, sekarang kamu sudah memahami bagaimana cara memakai toner yang benar untuk pemula. Langkah-langkah di atas bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari dan aman untuk semua jenis kulit, ya. Jika kamu merasakan tanda-tanda tidak cocok dengan skincare khususnya toner tertentu, segera hentikan pemakaian dan evaluasi penggunaan toner tersebut. Bisa saja ketidakcocokan itu bukan dari bagaimana cara kamu mengaplikasikan tonernya, namun pemilihan produk toner itu sendirilah yang harus dievaluasi. 

Ada baiknya untuk memperbaiki kulit dengan skincare SOS Barrier Repair Serum untuk mengembalikan kondisi kulit dan menggunakan toner yang aman untuk semua jenis kulit dari LABORÈ. Tidak hanya berguna untuk membersihkan kulit wajah, toner ini terbukti mampu memperbaiki skin barrier kulit sehingga kulit lebih sehat dan skincare lain bisa bekerja secara maksimal. 

Lihat produk : LABORE GentleBiome Hydration Toner 100ml

Baca juga :

- Apakah Kulit Berjerawat Boleh Memakai Sunscreen? Cek Selengkapnya

- Pakai Sunscreen tapi Tidak Pakai Pelembab? Cek Fakta dan Cara Pakainya Disini!

Suggested Articles