Back to Previous

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab yang Sering Dilewatkan

18 March 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Sudah tidak asing lagi bahwa penggunaan pelembab atau moisturizer sebagai salah satu bagian dalam rangkaian skincare adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Dari sekian banyaknya pilihan pelembab, tapi tahukah kamu kalau ada perbedaan moisturizer dan pelembab yang jarang diketahui.

Selain itu, ada satu lagi jenis skincare yaitu day cream yang kerap kali disamakan dengan kedua produk skincare sebelumnya. Sebelum membeli dan memilih produk, yuk cek penjelasan berikut ini. 

Arti Moisturizer dan Pelembab

Memang jika diartikan dalam bahasa Indonesia, moisturizer artinya adalah pelembab. Secara umum definisi itulah yang akan kamu temukan dan memang tujuan utama dari moisturizer dan pelembab yaitu untuk melembabkan.

Namun ternyata dalam perkembangan di dunia skincare di Indonesia, beberapa produk skincare moisturizer dan pelembab memiliki beberapa perbedaan manfaat, kandungan, cara kerja, dan tujuan penggunaannya. Sebab itulah kita tidak bisa menilai dari segi pengertian secara umum saja. Ada baiknya untuk mulai memahami apa saja kandungan dan manfaat yang ditawarkan produk skincare yang kamu gunakan. 

Moisturizer

Produk skincare yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah moisturizer. Moisturizer adalah skincare yang digunakan setelah memakai toner dan serum. Manfaat dari moisturizer sendiri tentunya untuk membuat kulit lembab serta menjaga kelembapan kulit dengan cara menahan kandungan mineral dan air yang ada pada lapisan kulit. Moisturizer sendiri tersedia dalam berbagai macam tekstur, seperti diantaranya moisturizer gel, moisturizer cream, moisturizer lotion, dan lainnya. Tekstur tersebut nantinya akan disesuaikan dengan jenis kulit pemakainya. 

Cara kerja moisturizer

Salah satu perbedaan moisturizer dan pelembab adalah dari bagaimana cara kedua skincare tersebut bekerja. Moisturizer bekerja dengan cara mengunci kandungan-kandungan air dan mineral dalam kulit, terutama kandungan yang berguna untuk membuat kulit lembab. Sehingga dengan begitu, kulit akan tetap lembab dan melembapkan kulit kering. 

Perbedaan moisturizer, pelembab, dan day cream

Seringkali orang salah paham mengenai perbedaan antara moisturizer, pelembab, dan day cream. Ketiganya memang memiliki fungsi yang sama, yaitu melembabkan kulit. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar di antara ketiganya.

Moisturizer

Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melembabkan dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Skincare ini biasanya mengandung bahan-bahan utama seperti humektan, emollient, dan occlusive.

Humektan bekerja dalam menarik air dari udara dan menjaganya di dalam kulit, kemudian kandungan emollient membuat kulit terasa lebih halus dan lembut, dan occlusive membentuk penghalang di atas kulit untuk mencegah hilangnya air. Lebih jelasnya, moisturizer biasanya juga mengandung bahan-bahan berikut gliserin, citric acid, dan butylene glycol.

Pelembab

Pelembab adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut moisturizer. Kandungan yang ada di dalamnya sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun, beberapa pelembab dapat mengandung berbagai bahan aktif yang dapat memberikan manfaat tambahan untuk kulit, seperti anti-aging, mencerahkan, atau menyamarkan kemerahan.

Day cream

Day cream adalah jenis moisturizer yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada siang hari. Day cream biasanya mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga akan lebih efektif untuk penggunaan pagi hari.

Perbedaan utama antara moisturizer dan day cream adalah kandungan SPF yang ada di dalamnya. Day cream mengandung SPF, sedangkan moisturizer tidak. Jadi, jika kamu ingin melindungi kulit dari paparan sinar matahari, day cream bisa jadi moisturizer yang tepat. Tetapi tetap ditambah dengan cara pakai sunscreen yang tepat, ya!

Namun, jika kamu hanya ingin melembabkan kulit, kamu bisa menggunakan moisturizer. Moisturizer juga bisa digunakan pada malam hari.

Baca panduan : Pakai Sunscreen tapi Tidak Pakai Pelembab? Cek Fakta dan Cara Pakainya Disini!

Cara pakai moisturizer dan pelembab yang benar

Setelah mengetahui perbedaan dari ketiganya, kini kamu bisa mempelajari bagaimana cara pakai moisturizer yang benar agar bekerja secara maksimal di kulit. 

 

  1. Pastikan kamu telah membersihkan wajah dari make up dan debu
  2. Setelah itu, lakukan cara cuci muka yang benar 
  3. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara di tap tap 
  4. Kemudian ketika kulit masih cukup lembab, gunakan toner dan serum yang sesuai dengan kulitmu
  5. Beri jeda beberapa menit sampai keduanya meresap baru aplikasikan moisturizer ke seluruh bagian wajah secukupnya
  6. Tepuk perlahan dan lembut 
  7. Setelah dirasa cukup menyerap, kamu bisa menggunakan sunscreen kesayangan kamu. 

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan moisturizer, pelembab, dan day cream yang seringkali salah dipahami. Pemilihan moisturizer yang tepat untuk kulit bisa memberi dampak yang banyak loh untuk kesehatan kulit kamu.

Seperti menggunakan moisturizer LABORÉ yang aman dan mampu memperbaiki skin barrier kulit. Sehingga kulit kamu tidak hanya lembab, tapi juga sehat dan siap memaksimalkan penggunaan skincare lainnya. Tak hanya itu, moisturizer ini juga aman untuk ibu hamil dan kulit sensitif, lho. Yuk segera dapatkan produknya dan rasakan berbagai manfaatnya sekarang!

 

Baca juga : 

 

Suggested Articles