Back to Previous

Berapa Lama Skincare Terlihat Hasilnya? Ini Rentang Waktunya!

1 June 2023 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Setiap skincare perlu waktu untuk terlihat manfaatnya. Berapa lama untuk melihat hasil skincare? Ini jawabannya.

Untuk bisa melihat hasil skincare yang kamu gunakan, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu tidak bisa melihat hasilnya hanya dengan 1-2x pemakain saja. Ada durasi dan proses yang harus dilalui untuk melihat hasil skincare berhasil atau tidak. Lalu, berapa lama skincare terlihat hasilnya? Dan apa saja faktor yang mempengaruhinya?. Agar kamu lebih tepat dalam penggunaan skincare, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Berapa Lama Skincare Terlihat Hasilnya

Sebetulnya durasi yang dibutuhkan untuk melihat hasil pemakaian skincare kamu selama ini bisa dibedakan dalam beberapa kategori, di antaranya seperti apa tujuan pemakaian skincare tersebut dan produk jenis apa yang kamu gunakan. Untuk bagian pertama ini, kami akan memberikan penjelasan terkait berapa lama skincare terlihat hasilnya berdasarkan manfaat yang ditawarkan. 

Skincare anti-aging

Rangkaian skincare anti aging umumnya akan berfokus pada mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, dan mencegah penuaan pada kulit wajah pemakainya. Hasil pemakaian skincare anti-aging bisa dilihat setelah kamu menggunakannya secara rutin selama 6-12 minggu sejak pemakaian pertama. 

Skincare untuk melembapkan kulit

Sebelum mencapai tujuan memakai skincare yang kamu inginkan, memastikan kulit lembab adalah hal yang wajib diutamakan. Skincare untuk melembapkan kulit membutuhkan setidaknya 2-3 minggu agar bisa terlihat hasilnya pada kulit wajah kamu. Jika dibandingkan dengan tujuan lainnya, skincare pelembab punya durasi waktu yang lebih singkat, apalagi jika kamu menggunakan skincare bertekstur ringan dan mudah menyerap. Imbangi juga dengan minum air secara cukup tiap harinya agar kulit terhidrasi.

Baca juga : Perbedaan Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering dengan Penyebab & Cirinya

Skincare untuk kulit berjerawat

Penggunaan skincare untuk kulit berjerawat biasanya akan memberikan manfaat secara bertahap. Mulai dari mencegah tumbuh jerawat baru, meredakan jerawat, mengempiskan jerawat, hingga menghilangkan bekas jerawat. Tidak jarang pada setiap tahapan ini akan membutuhkan beberapa jenis skincare yang berbeda.

Jika dilakukan dengan cara tepat, skincare untuk kulit berjerawat membutuhkan waktu 5-12 hari untuk mengempiskan jerawat matang, 3-5 minggu untuk mencegah tumbuh jerawat baru, dan 4 minggu untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Skincare untuk mencerahkan kulit

Produk perawatan kulit yang memberikan manfaat mencerahkan kulit, biasanya membutuhkan waktu yang bervariasi sampai terlihat hasilnya. Hal ini bisa jadi tergantung dari kandungan apa yang ada pada skincare tersebut. Namun, pada umumnya rata-rata lama skincare untuk mencerahkan kulit akan terlihat hasilnya setelah 6-8 minggu pemakaian secara rutin dan tepat. 

Skincare untuk kulit iritasi

Ada beberapa ciri kulit yang sedang mengalami iritasi, diantaranya muncul kemerahan, jerawat, kering hingga kulit bersisik. Memakai skincare untuk kulit iritasi selama 3-4 minggu bisa membantu kulit menjadi kembali sehat. Tahapan yang dilalui juga akan beragam. Pada awal pemakaian, kemerahan akan mulai berkurang, diikuti dengan berkurangnya bruntusan dan tekstur wajah yang semakin membaik. 

Jika kamu mengalami kemerahan pada kulit wajah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa pemicu dan mengurangi kemerahan tersebut dengan cara menghilangkan kemerahan pada kulit wajah yang tepat.

Lihat panduan : 5 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah yang Efektif & Penyebabnya

Skincare untuk bagian mata

Selain skincare untuk perawatan wajah secara menyeluruh, ada juga skincare yang khusus untuk mencerahkan dan melembapkan area mata. Skincare ini bertujuan untuk mengencangkan kulit di sekitar area mata, mencerahkan, bahkan membantu mengurangi kantung mata yang sudah menghitam. Hasil skincare mata umumnya bisa terlihat sekitar 3-5 minggu pemakaian. Namun setelah beberapa hari pemakaian, kamu sudah bisa melihat perkembangan dari manfaat skincare mata yang kamu pakai.

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil pemakaian skincare

Setelah membahas waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil skincare dengan manfaat tertentu, selanjutnya kami akan menjelaskan berapa lama skincare terlihat hasilnya di masing-masing jenis productnya. Rangkuman berikut 

  1. Cleanser = 4-6 minggu
  2. Serum = 6-9 minggu
  3. Toner = 3-4 minggu
  4. Moisturizer = 1-2 minggu
  5. Masker = 1-2 minggu (digunakan secara tepat)
  6. Eye cream = 7-8 minggu  
  7. Exfoliating skincare = 3 minggu
  8. Acne cream = 1-2 minggu (berkurang secara bertahap)
  9. Night cream = 4 minggu
  10. Retinol = 6-10 minggu

Nah itu tadi jawaban dari pertanyaan berapa lama skincare terlihat hasilnya. Inti dari segala pemakaian skincare yang perlu kamu ketahui agar bisa mencapai hasil yang diinginkan adalah dengan mengutamakan kesehatan skin barrier terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, kamu bisa mengikuti cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan rekomendasi kami.

Lihat panduan : 5 Skincare yang Memperbaiki Skin Barrier & Urutan Pemakaiannya yang Benar.

Baca juga : 

Suggested Articles